Yang harus di perhatikan untuk memasuki dunia kerja

Yang harus di perhatikan untuk memasuki dunia kerja

Bekerja merupakan kebutuhan, karena dengan bekerja manusia berharap akan di bawa kepada keadaan yang lebih baik dan lebih memuaskan dirinya.

Pekerja

Pekerjaan merupakan sumber penghasilan dan kesempatan untuk mengembangkan diri, sebagai suatu kesempatan maka pekerjaan itu alangkah baiknya tak di sia siakan dan harus di manfaatkan dengan sebaik mungkin, betul gak sahabat sesejuk pagi?, karena tidak semua semua dari kita yang bisa mendapat pekerjaan yang baik.
Berikut tahapan yang harus di lakui untuk bisa memasuki dunia kerja :

  • Agar cepat dapat pekerjaan.

  1. Daftarkan diri anda ke depnaker atau bursa kerja sebagai calon pencari kerja.
  2. Bergaul dengan orang yang sudah bekerja, dengan tujuan mendapat informasi lowongan pekerjaan dari tempat ia bekerja.
  3. Rajinlah mengunjungi pusat perkantoran dan tempat pameran bursa kerja.
  4. Sering baca koran atau majalah yang memuat lowongan kerja.
  • Persiapkan berkas berkas yang di minta.

Jika anda telah mendapat panggilan kerja, maka siapkan persyaratannya, pada umumnya persyaratan yang di minta adalah fotokopi ijazah, fotokopi KTP, surat keterangan catatan kepolisian atau SKCK yang masih berlaku, pas foto 3×4 atau 4×6, daftar riwayat hidup dan surat lamaran pekerjaan. Pastikan semua itu lengkap sebelum anda berangkat ke tempat interview, sangat tidak lucu jika sampai di sana ketika para wakil perusahaan menanyakan kelengkapan berkas anda, mereka menemukan ada yang kurang, bagaimana bisa bekerja jika teledor begini, itulah kesan yang mereka tangkap saat itu terjadi.

  • Ikutilah seleksi dengan baik.

Tentu setiap perusahaan menginginkan yang terbaik untuk mengisi di setiap posisi perusahaan, anda harus bisa menunjukan kalau anda orang tepat yang harus mereka pilih, untuk jangan ragu promosikan kemampuan yang anda miliki. Biasanya seleksi ini berisi :

  1. Seleksi administrasi ( seleksi berkas berkas anda ).
  2. Seleksi akademis ( tes kemampuan akademik anda ).
  3. Seleksi psikotis ( tes seberapa kuat mental anda ).
  4. Seleksi wawancara.
  5. Seleksi kesehatan.

Sekian yang bisa saya share tentang hal yang harus di perhatikan untuk memasuki dunia kerja, jangan lupa untuk membaca melamar kerja via email, semoga bermanfaat.

Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

30 comments

  • saya juga sudah menerapkan cara diatas.. Makasih Sharenya mas

  • saya ingin menambaahkan sedikit mas,,
    untuk mencari sebuah pekerj aan memang hal yaang susah susah gampang,,,,
    perlu ketekunan dan usaha yang besar buat mencari informasi sebanyak banyak nyaa bahkan se akurat mungkin,, karna kita sudah bosan dirumah atau banyak alasan lainnyaa kita ingin segera bekerja,,,
    tapi jangan khawatir untuk langkah awal banyak kita jumpai perusahaan yang berlomba lomba mengiklankan lowongan pekerjaan lewat sosial media.. tapii terkadang sering kita dengar bahwa lowongan" tersebut adalah palsu, jadi kita juga harus tetap waspada dengan cara,, jika di iklan tersebut tertera contact person nya, hubungilah tanya sedetail mungkin yang ingin anda tanyakan semisal kejelasan perusahaan yang mereka iklankan,,,
    jika anda tetap ragu, datangilah kantor perwakilan yang ada di dekat rumah anda, yang sekiranya anda bisa menjangkaunya,, disana anda akan lebih bisa mendapatkan informasi yang akurat karena bisa bertanya se detail mungkin,,, taapi jangan lupa membawa berkas kelengkapan lamaran kerjaan yang sudah dijelaskan di artikel sesejuk-pagi. tapi jangan lupa tetap berusaha dan berdoa adalah kunci utama nya,,,
    untuk para sahabat yang belum bekerja jadi jaangan resah dan jaangaan khawatir ya 😀 🙂 salam sukses dan selamat pagii 🙂

  • Mukhamad Sholikudin

    sama sama mas.

  • Mukhamad Sholikudin

    makasih banget mb novita, tambahan nya super sekali.
    semoga teman teman yang belum dapat kerja bisa segera mendapatkan pekrjaan yang baik.

  • amin terimakasih mas,,,
    sedikit pengalaman yang bisa saya bagikan kepada teman" semoga bermanfaat mas,,,,
    🙂

  • Mukhamad Sholikudin

    semoga bermanfaat mbak novita.

  • Nah, ini informasi penting untuk teman2 yang baru lulus nih tentunya… smoga sukses yah 🙂
    tak doain berhasil dapat kerjanya… buat yg posting, semoga berkah Aamiin 🙂

  • hm, kebetulan saya juga baru membuat postingan tentang pencari kerja

  • Mohammad Isnaeni

    Wirausaha juga bisa jadi pilihan kalau memang pekerjaan susah didapatkan mas .. hehehe

  • Mohammad Robih

    Hmm, saya masih sekolah. Tapi mungkin bermanfaat di kemudian hari 🙂

  • Ustadz Muhammad Adam Hussein

    Betul mas bermanfaat buat persiapan kerja.

    Oya mas btw pekerjaan mas sendiri apa ya?

    Makasih

  • Mukhamad Sholikudin

    Amin.
    Terima kasih mb etika maria, semoga artikel ini bisa membawa kebaikan.

  • Mukhamad Sholikudin

    Iya mas, sudah saya baca dan keren artikelnya, bagus deh.
    Referensi lain selain punya saya ini.

  • Mukhamad Sholikudin

    Bener mas, mencari kerja susah sekarang, bisa di coba wirausaha, selain gak tergantung perusahaan, keuntungan pun bisa di set sendiri, makasih mas sepertinya saya dapat ide.

  • Mukhamad Sholikudin

    Makasih pak ustadz, saya harapkan bermanfaat.

    Alhamdulillah sampai saat ini saya masih bekerja, sebagai staff IT di sebuah perusahaan swasta di surabaya.

  • Wahyu Eka Prasetiyarini

    harus siap siaga ya mas kalau pengen dapat kerja, soalnya jaman sekarang ini sulit banget untuk bisa dapat pekerjaan hmmm 🙂

  • meskipun persaingan untuk mendapatkan pekerjaan sangat ketat asal kita dapat mempersiapkan dengan baik pasti jerih payah kita tidak akan sia-sia, makasih infonya sob 🙂

  • Pokoknya harus siap menghaapi rintangan juga tantangan ya mas sebab mencari kerja juga harus siap terlempar dari yang namanya penyogokan

  • kebetulan saya msh kuliah..
    tips'a bisa saya gunakan di kemudian hari ni..

  • benerr juga kata oom guru..hehe

  • Mukhamad Sholikudin

    Iya mas robih semoga nanti lulus dapat kerja langsung, kalau boleh tahu sekarang kelas berapa?

  • Mukhamad Sholikudin

    iya mb ririn harus di persiapkan dengan matang matang ini.

  • Mukhamad Sholikudin

    saya kira itu sudah pasti mas, kalau di persiapkan dengan matang hasilnya pun akan baik, di tambah lagi kalau yang di Atas kasih ke kita pekerjaan itu pasti kita dapatkan itu.

  • Mukhamad Sholikudin

    iya mb indah hehehe kalau pakai cara nyogok bukan cari kerja mb, itu namanya beli kerja.

  • Mukhamad Sholikudin

    semoga bermanfaat mas yazid, habis kuliah dapat kerja langsung, amin

    terimakasih kunjungannya.

  • Mukhamad Sholikudin

    pasti banyak membantu para teman teman, dapat info kerja dari mereka.

  • yang penting mah punya banya temen oom..
    bener gak?
    hehehe

  • sapril hidayat

    banyak manfaatnya ini nanti mas bro.
    artikel yang yang sangat berguna.

  • Mukhamad Sholikudin

    makasih mas sapril hidayat.

  • Priamboko Januar

    Artikel yang bagus, semangat berbagi bro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *