Tips Sebagai Pegawai Baru

Tips Sebagai Pegawai Baru

Menjadi karyawan atau pegawai baru dalam suatu perusahaan, berarti menjadi bagian dalam suatu tim yang saling berusaha dengan baik, dalam usaha menyukseskan program program perusahaan yang bersangkutan, seperti menjadi perusahaan terdepan dalam bidangnya, usaha dalam mendapat laba yang melebihi dari tahun sebelumnya, dan masih banyak lagi.

Tips Sebagai Pegawai Baru

Ilustrasi pegawai baru

Namun ada kalanya menjadi pegawai baru itu tak semudah dan seindah yang di bayangkan, akan ada banyajk halangan dan rintangan, tapi ini juga tak selalu ada, tergantung anda dan tempat dimana anda bekerja tersebut, dan ganguan gangguan yang biasa di rasakan oleh pegawai baru, seperti di acuhkan oleh senior, di bully, masih di anggap anak anak, dan masih banyak lagi hal yang membuat tak nyaman bekerja untuk pegawai baru.

Untuk menghindari hal hal yang membuat tak nyaman tersebut, ada beberapa tips yang bisa di lakukan, pada kesempatan sebelumnya saya sudah membahas pertanyaan yang biasa di ajukan saat wawancara kerjaΒ yang baik buat persiapan sebelum interview kerja, oh iya apa saja tipsnya, berikut :

1. Jangan terlalu membisu
Jika anda diam dan tak banyak bicara itu wajar sebagai pegawai baru, tapi jangan terlalu diam atau membisu, itu akan membuat kesan kalau anda adalah pribadi yang tertutup.
2. Berhati hati dengan waktu
Coba berhati hati dengan waktu anda, usahakan selesaikan pekerjaan atau tugas anda tepat pada waktunya.
3. Perhatikan penampilan dan cara berbusana
Sebagai kesan utama ketika bertemu dengan dengan teman kerja anda, sebaiknya berpenampilanlah yang sewajarnya, dan dari busana yang anda pakai untuk bekerja akan menentukan perlakuan mereka terhadap anda, hindari pakaian yang sangat mencolok dan terlalu ramai.
4. Bicara secukupnya
Kebanyakan pegawai baru akan berdiam diri, dan tentunya ini sangat tidak baik seperti yang sudah saya jelaskan pada poin pertama, tapi terlalu banyak bicara juga tidak baik, kesannya anda itu paling heboh sendiri, padahal masih baru, coba bicaralah secukupnya pada saat jam kerja dan yang ada hubungannya dengan pekerjaan anda itu akan semakin baik untuk mendapat informasi lebih jauh tentang suasana kerja anda.
5. Bertanyalah secukupnya
Sama halnya dengan poin sebelumnya bicara secukupnya, karena sifat seseorang itu berbeda beda, ada yang suka di tanyai, ada yang merasa risih jika di tanyai terus, sebagai pegawai baru cobalah bertanya tanya tapi batasi pertanyaan anda hanya sebatas pertanyaan yang ada hubungannya dengan tugas anda.
6. Manfaatkan waktu makan siang dengan sebaik mungkin
Sering kali yang terjadi sebagai pegawai baru, mereka lupa kapan istirahat atau malas untuk sekedar makan, ini memang baik di mata orang kesannya anak ini hebat, ulet sekali, rajin dan sebagainya. Tapi justru ini buruk bagi anda, anda akan merasa sangat lelah dan jika sering telat makan nanti bisa kena maag, tentu tak ingin bukan?, maka dari itu jika sudah waktunya istirahat ya istirahatlah, dan makanlah ketika jam makan siang.
7. Jangan mencoba memperbaiki organisasi yang sudah ada
Kerap kali sebagai pegawai baru, kita akan merasa tidak nyaman dan berusaha memperbaiki sesuatu yang sudah ada, tapi justru itu kurang baik nanti anda akan di cap sebagai pribadi yang sok tahu, maka mengalirlah seperti air hingga anda benar benar mengenal karakter setiap orang dan setiap organisasi yang ada yang ada di tempat kerja anda.
8. Jujur
Kejujuran sering kali membawa efek yang baik buat suasana kerja, dan mendapat pelakuan yang baik dari teman kerja. Maka cobalah jadi pribadi yang jujur di tempat kerja anda.
9. Hindari perbuatan romantik
Salah satu hal yang sering terjadi di tempat kerja adalah jatuh cinta dan menjalin hubungan spesial di tempat kerja atau biasa di sebut pacaran, sebaiknya hindari perbuatan itu jika tak mau mendapat gunjingan, dan dari perbuatan tersebut anda akan merasa tak nyaman, seperti mau bergaul dengan ini kok dianya begitu, dan lain lain.
10. Belajar dari mereka yang lebih pengalaman
Cara belajar yang baik adalah belajar dari ahlinya, disini dari para senior anda, tentu mereka adalah orang orang yang paling mengenal dan mengerti tentang tugas atau pekerjaan anda. Coba dekatkan diri anda dengan senior senior anda lalu korek informasi tentang kerja dari mereka, dan jangan sungkan sungkan meminta di ajari oleh mereka. Ingat kedekatan ini jangan sampai berlanjut jauh ya seperti yang saya bahas di poin 9, terlebih lagi jika kalian sejenis ( sama cowok atau sama ceweknya), bisa fatal nanti.
11. Pupuk keterampilan bekerja sama
Ingat pada paragraf pertama di atas, sebagai karyawan atau pegawai anda adalah bagian dari suatu tim, jadi cobalah untuk bekerja sama dengan teman sekerja anda dengan sebaik mungkin, demi tercapainya tujuan dari perusahaan anda.
12. Jangan menggunjing
Jika anda tak mau di ganggu maka jangan ganggu orang, mungkin itu istilah yang tepat, jangan menggunjing jika tak mau digunjing, selain membuat orang lain tak nyaman, anda juga akan di cap orang yang bocor (tak bisa menjaga rahasia), “masih baru saja begini, bagimana kalau sudah lama nanti?” dan akhirnya di jauhi teman sekerja anda.
13. Jauhi pihak memihak
Jika ada kelompok kelompok yang tercipta di dalam tempat kerja, sebaiknya jangan Β mencoba ikut campur, jadilah yang netral selain anda tidak mengetahui apa apa karena masih baru, anda juga bisa dengan nyaman bergaul di antara orang orang yang tergabung di kelompok yang berbeda.
14. Hadiri pertemuan umum
Jika anda mendapat undangan untuk berkumpul dengan teman sekerja anda, usahakan untuk menghadirinya selama waktunya wajar, semisal minggu jam 10 pagi atau yang lain, dan jangan sekali kali menghadiri pertemuan umum yang tak wajar semisal jam 12 malam, itu mau ketemuan atau ronda. Dari pertemuan ini anda bisa semakin mengakrapkan diri dengan mereka mereka teman sekerja anda.
15. Tuntaskan semua tugas yang di berikan
Sebagai karyawan baru mungkin anda akan sering di awasi, jadi selesaikan pekerjaan atau tugas yang di berikan kepada anda dengan sebaik mungkin seperti yang sudah saya bahas di poin 2.

Itulah sobat sesejukpagi yang bisa saya bagi kepada anda tentang tips sebagai pegawai baru, semoga bermnfaat bagi sobat semua. Jangan lupa ya baca juga tips yang sangat menarik melamar pekerjaan via email.

Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

35 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *