Tips Memulai Bisnis Waralaba

Banyak pemilik bisnis memilih membuat konsep bisnis waralaba karena itu dapat menghadirkan kesempatan untuk mengembangkan bisnis mereka secara cepat. Di artikel ini kami akan menulis sebuah artikel yang berisi tips yang tak boleh dilupakan saat anda merencanakan bisnis waralaba anda.Tips Memulai Bisnis Waralaba Franchise yang Sukses

1. Konsep Yang Jelas.

Sebagai pemilik bisnis, anda mungkin nyaman bekerja dengan intuisi anda. Tapi sebagai seorang pebisnis waralaba, bisnis waralaba anda wajib memiliki rencana (tentu saja rencana anda) bahkan pada hal terkecil dalam operasi harian anda.

Tiap langkah dari bisnis anda dimasukan dalam sistem anda, dan itu berarti seorang pewaralaba (mulai saat ini kita akan menulisnya franchisor) mesti tahu bisnis yang dia jalankan secara menyeluruh. Anda tak dapat mengharapkan pembeli waralaba anda (franchisee) nantinya mengerti bisnis ini apabila anda sendiri sebagai seorang franchisor tidak memiliki konsep yang jelas. Tiap langkah dalam menjalankan bisnis ini mesti dijelaskan secara detail kepada setiap orang yang franchisee anda.

Baca juga peluang usaha bisnis laundry kiloan.

2. Pilih Franchisee anda dengan teliti.

Memilih franchisee anda adalah salah satu aspek penting dalam bisnis waralaba anda.
Satu petuah “Jangan terburu-buru menikah” mungkin bisa diaplikasikan di bidang ini. Hubungan antara franchisor dan franchisees adalah hubungan yang bersifat jangka panjang. Waktu dan uang yang signifikan diinvestasikan dan jika tidak hati-hati dalam merekrut, masalah yang pada awalnya tidak terlihat akan menggerogoti bisnis waralaba anda.

Contohnya, sebagai seorang franchisor, anda harus menyadari darimana seorang franchisee mendapatkan dana untuk membeli hak waralaba anda, dan dengan bagaimana cara mereka membayarnya. Dan yang terakhir, seorang franchisee juga mesti memiliki sedikit pemikiran entrepreneurial, ya, sedikit. Terlalu banyak mereka tidak akan dapat bekerja dalam sistem yang dikembangkan oleh franchisor.

3. Invest secara serius dalam pelatihan.

Pelatihan intensif dapat memberikan manfaat baik bagi franchisee ataupun franchisor.
Pada level paling dasar, pelatihan yang solid membantu franchisee memahami komponen dasar yang mereka butuhkan untuk operasi harian mereka. Pelatihan juga membuat franchisee memastikan bahwa pekerja mereka memiliki kemampuan yang tepat.

Sementara untuk franchisor, solid training dapat membantu anda memastikan awal yang tepat untuk bisnis waralaba anda. Dan yang terpenting, itu dapat meminimalisasi kesalahan yang akan dihasilkan jika franchisor menghabiskan wkatu yang berharga mencoba untuk memperbaiki kesalahan itu.

4. Tetap melakukan kendali yang ketat.

Kendali dimulai saat franchisor memberikan bantuan yang signifikan dalam mengoperasikan bisnisnya dengan marketing plan yang sudah terbukti. Setelah bagian ini, kendali yang ketat juga meliputi banyak aspek dari operasi franchisee seperti promo, akunting, kebijakan personel dan lain-lain.

5. Sistem Emulasi.

Emulasi, gampangnya adalah saat sistem kedua menduplikasi hal-hal yang dilakukan oleh yang pertama. Untuk keuntungan optimal, francisee anda mesti menduplikasi sistem anda sebagai seorang franchisor.

Anda mesti menghabiskan waktu yang sedikit lebih banyak untuk belajar dan mendokumentasikan sistem-sistem yang membuat bisnis anda sukses, untuk ditiru oleh franchisee anda. Tanpa langkah penting ini, sukses akan menjauh dari perusahaan anda.

Sangatlah penting seorang franchisor, bahwa mereka tidak menjual produk atau layanan, yang mereka jual adalah sistem yang mereka miliki dan itu yang selama ini telah terbukti menghadirkan kesuksesan.

Baca juga lima penyebab kegagalan sebuah bisnis.

Dan itulah hal-hal yang patut anda ingat saat anda memilih untuk memulai bisnis waralaba anda.

khotimah

Orang yang suka menulis, suka memasak dan hobi banget membaca.
Pemilik dari blog Resep Masakan.

Latest posts by khotimah (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *