Tips Memulai Bisnis Online (Online Shop)

Teknologi informasi saat ini berkembang sangat pesat, salah satunya yaitu internet. Dengan adanya internet dapat mempermudah hampir semua urusan, mulai dari belajar dan sebagainya. Dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat ini ternyata semakin mengubah pola dan gaya hidup masyarakat kita, semuanya serba online.Bisnis online

Sebagai salah satu keuntungan dengan berkembangnya internet ini dapat menciptakan ide usaha baru yang tak terpikirkan sebelumnya, yaitu online shop atau toko online. Anda mungkin pernah mendengar bahkan sudah pernah berbelanja disana.

Tahukah ternyata untuk membangun toko online itu modalnya tidak banyak, hanya perlu kerja keras membangun tingkat kepercayaan konsumen dan hasilnya yaitu profit yang tidak sedikit.

Baca juga apa itu startup.

Untuk memulai bisnis online yang satu ini saya mempunyai beberapa tips yang sebagiknya Anda lakukan bila ingin membangun sebuah toko online.

1. Tentukan produk dan target pasar.

Langkah awal yaitu menata semua hal yang nantinya akan berpengaruh terhadap kelangsungan hidup bisnis Anda, yaitu soal produk dan pasar. Lakukan riset pasar mengenai produk apa yang paling dibutuhkan yang paling sedikit pesaingnya dan pangsa pasarnya sebesar apa, bukan hanya untuk saat ini saja tapi juga untuk jangka panjang.

2. Mulai dari media sosial.

Sebut saja facebook, twitter, instagram dan lain-lain. Kenapa yang pertama mulai dengan media sosial? Anda pasti tahu hampir semua orang saat ini memiliki akun media sosial, untuk itu memulai bisnis dari media sosial bukanlah hal yang tidak baik, Anda bisa melakukan promosi bisnis yang Anda kelola disana dengan gratis, manfaatkan jumlah follower Anda sebaik mungkin. Jika Anda sudah berhasil mengembangkan bisnis tersebut baru buat sebuah website sebagai formalitas agar bisnis yang dikelola tersebut memiliki kredibilitas dimata konsumen serta sebagai brand bisnis Anda. Apabila Anda belum memliki cukup modal gunakan saja platform gratis untuk membangun website Anda.

Baca juga keuntungan bila usaha memiliki website.

3. Gunakan foto berkualitas untuk setiap produk Anda.

Disini Anda mengelola bisnis oline jadi satu-satunya media yang bisa membuat calon pembeli atau konsumen mengetahui produk Anda yaitu melalui foto yang Anda berikan. Untuk itu gunakan kamera dengan kualitas yang baik dengan pencahayaan yang baik sehingga menghasilkan foto dengan kualitas yang baik juga.

4. Permudah proses pembelian dan pembayaran.

Sebagai pembeli produk online sudah pasti dapat ditebak mereka tidak mau repot dan memiliki sedikit waktu, untuk itu Anda sebagai pengelola bisnis online harus menjemput dan mempermudah setiap urusan, baik itu tata cara pembelian sampai dengan tata cara pembayaran. Untuk pembayaran agar lebih mempermudah konsumen dalam membayar tagihannya, gunakan semua metode pembayaran yang ada, mulai dari transfer bank, kartu kredit, uang elektronik seperti paypal dan sebainya.

5. Sopan dan bisa dipercaya.

Setiap calon pembeli pasti memliki karakter yang berbeda-beda namun semua akan sama jika Anda menjaga kesopanan mulai dari bahasa hingga tingkah laku, itu juga akan dapat mengambil hati calon pembeli Anda dan mereka pasti memutuskan untuk kembali berbelanja di toko online Anda. Untuk kepercayaan sebaiknya Anda jaga dengan hati-hati yaitu dengan memberikan informasi produk yang benar dan jujur, lakukan pengeriman barang dengan cepat dan tepat waktu.

Untuk saat ini ada banyak sekali bisnis oline dengan model seperti ini sebut saja mataharimall, lazada, zelora dan sebagainya. Kebanyakan dari mereka memasarkan produk dimana produk tersebut paling banyak dicari saat ini mulai dari fashion, produk kecantikan dan produk eletronik. Plihlah produk dengan benar pasti bisnis online Anda akan melejit. Itulah sedikit tips mengenai bisnis online semoga bisa bermanfaat bagi Anda para pembaca.

Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *