Tips Internet Aman Dan Sehat

Tips Internet Aman Dan Sehat

Internetan siapa sih yang suka?, dan dari internet pun kita bisa mendapat berbagai hal, mulai dari informasi berharga, berbagai tips dan trik, penghasilan (uang), teman, hingga jodoh, kalau ada yang beruntung. Namun internet juga sering mendatangkan dampak negatif yang cukup mengganggu, seperti spamming, hacking, penipuan dan lain lain.
Kali ini kita akan membahas tips internet yang aman dan sehat, oh iya sebelumnya saya sudah memposting cara membuat blog banyakpengunjung yang sangat sayang jika di lewatkan. Kembali ke pembahasan, internet yang aman yaitu menggunakan fasilitas internet dengan baik, dan tidak akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

internet sehat aman

Internet sehat dan aman

Untuk menghindari kejadian atau dampak negatif yang di timbulkan dari aktivitas internetan, bisa juga di sebut dengan istilah preventif, berikut beberapa tips internet aman dan sehat yang bisa di terapkan di berbagai jejaring sosial seperti facebook dan twitter atau lainnya :

1. Jangan umbar terlalu sering kegiatan pribadi anda.
Terlalu mengumbar aktivitas pribadi, bisa membuat orang yang melihatnya jadi risih dan mengecap anda sebagai pribadi yang sombong.

2. Jangan mudah percaya sepenuhnya pada informasi yang di dapat dari internet
Jangan mudah percaya, karena kemungkinan informasi yang sedang anda baca tersebut anda sesuatu yang bohong, periksa dan pilah pilah mana informasi yang dapat di simpan dan di terapkan.

3. Tulis contact person anda sesingkat mungkin
Tulis dengan singkat, ini akan menambah kenyamanan anda dalam aktivitas internet anda, takkan ada yang mengetahui anda secara jelas, sehingga pihak pihak yang ingin melakukan hal yang tidak baik pada anda takkan bisa.

4. Jangan cantumkan data pribadi
Jangan sekali kali mencantumkan PIN, password, no kartu kredit atau sejenisnya. Dari data data pribadi yang anda cantumkan tersebut, kemungkinan akan banyak orang jahat yang mengincarnya.

5. Jujurlah terhadap status anda
Jika anda sudah menikah jangan mengaku lajang, kejujuran ini di perlukan agar tak terjadi kesalahpahaman dengan pasangan anda, namun bagi anda yang belum menikah juga jangan mencantumkan status menikah, nanti bisa di anggap masih kecil kok keburu nikah, pasti YZYZYZY,tentunya pendapat tersebut bagi mereka yang belum mengenal anda secara penuh.

6. Unggah foto anda yang sopan
Hindari mengunggah foto yang tidak benar, supaya tidak ada orang yang akan iseng kepada anda.

7. Jangan mengirimkan informasi sensitif melalui internet
Hal ini supaya anda tetap merasa aman dan nyaman dengan urusan anda,  mengirimkan informasi yang sensitif melalui media internet tentu hal ini akan menjadi berbahaya jika akun anda tiba tiba di ambil alih orang lain atau istilah kerennya di hack, atau sekedar menyadap anda, belakangan ini marak sekali terjadi, baca tanda tanda anda di sadap.

8. Jangan gunakan fasilitas login otomatis
Untuk menjaga keamanan akun anda supaya tidak di masuki orang lain, jangan pernah menggunakan login otomatis, terlebih lagi jika anda berinternet di warnet. Anda juga bisa memakai fitur private browsing pada browser, supaya ketika anda sudah selesai meggunakan internet, kegiatan anda takkan bisa di lacak.

9. Pastikan anda logout
Pastikan anda telah menekan tombol logout atau sign out sebelum anda meninggalkan peralatan yang anda pakai untuk aktivitas internet anda, jika anda mengakses akun internet pribadi anda

10. Tetap ingat waktu
Aktivitas internet memang mengasyikkan, tapi tetap ingat waktu ya, minimal untuk mandi, makan, beribadah, dan tentunya untuk menjaga kesehatan mata anda.

Saya rasa itu sudah cukup yang bisa saya bagikan kepada sobat Mibah.com tentang tips internet yang aman dan sehat, jangan lupa membaca bisnis modal kecil yang sangat inspiratif buat anda.
Baca sekali lagi

Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

35 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *