Tips Bijak Dalam Menghadapi Mutasi Kerja

Mutasi kerja yaitu perubahan yang terjadi untuk karyawan atau pegawai dalam suatu perusahaan baik itu secara vertikal maupun mutasi horizontal dan berlaku untuk semua divisi kerja. Vertikal jika berganti jabatan baik itu naik yang disebut promosi jabatan atau turun yang disebut demosi jabatan, dan horizontal itu mutasi karyawan yang tidak mengubah tingkat jabatannya dan disebut rotasi karyawan, semisal ia sekarang berposisi sebagi staff teknisi di suatu wilayah dalam perusahaan, dia akan di pindah tugaskan ke wilayah lain namun tetap sebagai staff teknisi.mutasi kerja

Dalam kebiasaan pemikiran kita mutasi terkadang menjadi momok menakutkan ketika kita sudah merasa benar-benar nyaman di suatu wilayah kerja atau posisi kerja malah mendapatkan perintah untuk berpindah tempat atau jabatan. Selalu terbayang-bayang tentang keadaan dan suasana kerja yang nantinya kita emban apakah itu semakin berat atau ringan?, seperti apa karakter teman kerja kita nanti?, tempat kerja yang mudah di jangkau atau tidak? saya di pindah itu karena memang di butuhkan atau di singkirkan? dan masih banyak lagi. Baca juga cara cepat kaya orang singapore yang harus anda tahu.

Dan mutasi kerja ini biasanya bersifat memaksa dan mengikat, jika di tolak itu membahayakan karir kita dan jika di terima itu kita tersiksa dan tidak tahu di sana bagimana. namun ada pula mutasi yang fleksibel yaitu dengan meminta pendapat dan kesanggupan dari karyawan tersebut apakah mau atau tidak untuk menempati suasana kerja yang baru, jika karyawan atau pegawai tersebut mau dan menyanggupinya maka mutasi kerja itu benar-benar terjadi. Baca juga tipe karyawan yang di benci oleh atasan.

Perubahan kerja tersebut sebenarnya tidaklah menakutkan seperti apa yang anda bayangkan selama ini, mutasi kerja itu kadang menjadi hal yang baik untuk karir anda ke depan. Untuk menhadapi mutasi kerja ada beberapa tips bijak yang bisa anda terapkan, agar dapat dengan tenang menerima mutasi kerja.

  1. Persiapkan diri anda sebaik mungkin dan cari informasi tentang suasana tempat kerja yang baru.
  2. Bersikaplah positif dan anggap setiap perubahan itu sebagi hal yang wajar, bukahkah hidup itu tentang belajar? dan buang jauh-jauh perasaan serta pemikiran yang buruk tentang tempat kerja yang baru, sejatinya kerja dimana-mana itu sama saja.
  3. Pelajari kebiasaan kerja di sana. Pelajari dengan cermat kebasaan kerja di tempat yang baru ambil kebiasaan yang baik dan jangan ikuti kebiasaan yang kurang baik, dan mengenai kebiasaan lama di tempat kerja sebelumnya coba terapkan yang menurut anda kebiasaan anda tersebut baik dan berguna untuk bersama. Dan jangan mencoba menjadi berbeda sendiri.
  4. Berusahalah mengenal teman atau rekan kerja anda yang baru. Seperti ungkapan tak kenal maka tak sayang, bagaimana anda mau di sayang atau di perlakukan wajar teman atau rekan kerja anda jika anda tak mengenalnya.
  5. Berusahalah menikmati pertemuan dengan orang baru. Anda akan mendapatkan suasana yang kemungkin besar berbeda dari suasana kerja sebelumnya, dan akan mendapatkan pemikiran dan ide-ide serta gosip-gosip baru dari teman baru anda, sebaiknya anda nikmati dengan mengalir saja seperti air namun tetap berusaha mengambil posisi di tengah dengan tidak memihak siapapun disana.
  6. Buktikan pada atasan anda bahwa anda merupakan orang yang tepat dan bisa di andalkan.

Ingatlah kawan mutasi kerja itu tak selamanya menakutkan dan bisa bermanfaat bagi kita, kita bisa belajar lebih banyak dan memberikan catatan yang baik buat karir anda di dalam perusahaan nantinya. Baca juga tips sebagai karyawan atau pegawai baru.

Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

One comment

  • #walidin_wall

    thanks banget artikelnya sob, saya jadi lebih paham dengan hal-hal yang harus disiapkan saat mutasi kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *