Paralayang Batu Malang Wisata Gunung Banyak

Gunung Banyak atau yang lebih dikenal banyak orang sebagi wisata paralayang atau paragliding yang terletak di kota Batu Malang merupakan tempat tujuan wisata yang sangat menakjubkan, perpaduan antara keindahan alam pegunungan, hutan di samping kanan dan kiri dari gunung banyak di tambah tatanan kota dan perkampungan dari kota batu yang terlihat dibawahnya. Gunung banyak ini sendiri memiliki ketinggian kurang lebih 1315 mdpl dan merupakan tempat dimana olahraga yang dalam bahasa inggrisnya paragliding ini di adakan yaitu pada saat PON.Ketika menyebut nama gunungnya mungkin tidak akan banyak orang yang tahu akan keindahannya, namun kalau dengan menyebut paralayang pasti semua orang langsung tahu, paralayang sendiri merupakan olahraga dirgantara dimana kebanyakan dari kita tidak bisa melihat apalagi merasakannya secara langsung, selain harganya mahal juga tidak sembarang tempat ada. Disinilah kita akan bisa melihatnya secara langsung dari dekat jika beruntung.

Wisata pralayang Malang

Wisata paralayang ini sendiri berbatasan langsung dengan Kecamatan Pujon, dan pastinya dekat dengan air terjun coban rondo yang sangat indah itu. Dalam setiap harinya banyak sekali pengunjung yang datang kesini baik dari dalam negeri maupun luar negeri, kebanyakan dari mereka semua kesini hanya untuk berfoto ria alias foto selfie karena pemandangan yang sangat benar-benar bagus.

Dan tak kalah jumlahnya pengunjung yang mencoba menikmati indahnya Kota Batu dengan terbang diatasnya yaitu dengan paralayang ini, untuk mencoba terbang anda akan dikenakan tarif bervariasi, mulai dari yang paling murah sekitar Rp.350.000 sudah termasuk instruktur berlisensi, uang ojek untuk kembali keatas serta termasuk juga biaya untuk asuransi, namun itu semua tergantung dari kemampuan kalian menawarnya.

Jika tujuan anda berkunjung ke gunung banyak ini hanya sekedar menikmati pemandangan yang sangat disana, pastikan anda memilih waktu yang tepat terutama soal cuaca, akan sangat disayangkan jika kesana anda tidak mencoba terbang, dan juga tidak melihat bagaimana paralayang mulai mengudara. Pilihlah hari sabtu atau minggu karena saat itulah sedang ramai-ramainya pengunjung dan kebanyakan komunitas paralayang yang ada berlatih dan menerima job untuk jadi instruktur, bisa juga hari lainnya asal cerah.

Untuk mencapai wisata ini sendiri ada banyak alternatif namun kesemuanya bermuara pada 2 arah yaitu dari Batu untuk yang berasal dari wilayah Surabaya, Pasuruan, Sidoarjo dan sekitarnya atau dari Pujon dan Ngantang untuk yang berasal dari wilayah Kediri, Jombang, dan sekitarnya.

  • Jika dari Pujon dan Ngantang.

 Ambil arah ke Batu sampai Pujon hendak arah ke Coban rondo, akan ada pertigaan atau jalan bercabang dimana semuanya menuju ke Kota Batu, ambil yang lurus yang arah ke Songgoriti (Batu) dan pelankan sekitar 100 m ada pertigaan belok kiri, dan ikuti jalan dan papan penujuk jalan yang ada, karena sudah banyak penunjuk jalan yang ke arah paralayang, ketika sampai di kaki bukit akan ada 2 jalan satu ke bawah dan satu keatas, ambil yang keatas disini kondisi jalan mulai terasa tidak enak kerena tersusun atas batu dan beton yang mulai hancur, dan kelihatan tanahnya serta menanjak, 100 m hendak sampai ke tempat parkir akan ada loket tamu, disini anda akan diminta membayar tiket masuk sesuai jumlah orang yang anda bawa yaitu Rp.10.000/orang, lalu lanjutkan perjalanan hingga ketemu area parkirnya.

  • Jika dari Batu.

Ambil arah ke Pujon hingga sampai di Desa Songgokerto lalu belok kanan arah ke Songgoriti, akan ada banyak villa dan orang yang menawarkan villa, lurus ikuti jalan hingga menemukkan jalan menanjak dimana itulah kaki dari gunung banyak, ikuti jalan menanjak yang sangat curam pastikan anda memakai gigi roda 1, sampai masuk ke Pujon lalu anda akan menemukan pertigaan dimana seperti rute diatas, yang berada disisi kanan jalan lalu ikuti jalan itu sesuai petunjuk diatas.

Selain lewat Songgoriti yang jalannya menanjak curam jika lewat batu anda juga bisa mengambil jalur bus puspa indah yaitu arah Pujon yang lurus mengikuti jalan, hingga menemukkan pertigaan kembali ke arah Songgoriti yang sama seperti rute dari Pujon dan Ngantang, disini jalannya menanjak juga tapi tak terasa hanya saja berliku tajam.

Selain dua jalur utama diatas bagi yang berasal dari Mojokerto dan sekitarnya bisa menggunakan jalur Pacet-Batu lewat Cangar, nanti anda akan menemukan wana wisata Air terjun watu ondo di cangar.

Sebagai sedikit dokumentasi inilah beberapa potret dan video yang bisa saya abadikan dari indahnya gunung banyak.

foto paralayang malang
foto background paralayang malang
paralayang malang tetap keren
paralayang malang tetap keren
Lokasi landas dan pemandangan diatas paralayang malang
Lokasi landas dan pemandangan diatas paralayang malang

Video rekaman detik-detik menjelang landas paralayang dapat anda saksikan di link Youtube ini, jika tidak atau belum muncul di artikel ini.

Serius ini adalah tujuan dan tempat wisata yang keren abis, semua keringat anda untuk sampai ke tempat ini akan terbayarkan.

Selain paralayang ada juga wisata rumah pohon atau oemah kayu di gunung banyak ini yang akan kita bahas dalam artikel selanjutnya, dan Malang masih punya wisata lain yaitu pantai balekambang, inilah indahnya potensi wisata di Malang. Bantu sebarkan artikel berjudul Paralayang Batu Malang Wisata Gunung Banyak ini.

Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

17 comments

  • Bagus banget ya

  • ayo silakan nyoba sangat menantang 🙂

  • artikel yang bagus,tetap berkarya
    Pantai Goa Cina

  • btuh transport dll bisa hubungi “taxi motor” no tlpn: 085739290143 siap antar jmput ke tmpat tjuan. area wisata kota batu (KWB)

  • David Widi Pratama

    Minta map lokasi kesana dong

  • ma, saya mau tanya. kalau dari sidoarjo naik kereta turun di stasiun malang, kemudian dari stasiun bagaimana cara menuju ke bukit paralayang ? terima kasih

    • Sholikudin

      Lain Angkutan umum ke Terminal Landungsari lalu naik bus puspa indah dari terminal turun di pujon kemudian naik ojek menuju bukit paralayang.
      Untuk Angkutan kota (Angkot/len) dari stasiun kota baru bisa pilih ADL atau lainnya yang menuju terminal landungsari.

  • Mohon maaf Mas sebelumnya mau Tanya. Kalo mau ke paralayangan itu bisa setiap hari stay Dumas di hari sabtu minggu. Misalnya hari Selasa. Bisa stay tidak ya? Trimakasih

  • Sewa Motor Malang

    Keren memang tempat ini mas, dari dulu hingga sekarang banyak sekali para wisatawan lokal maupun mancanegara yang berburu wisata paralayang ini, gimana gak enak. udaranya yang sejuk di tambah suasana yang tenang dengan viewing Kota Batu – Malang yang terlihat jelas dari ketinggian disana dapat membuat otak yang tadinya keram akibat aktifitas yang dilalui jadi kembali rileks lagi. Recommended tempat ini untuk sebagian orang yang senang bermain dengan andrenaline. Salam Kenal.

  • Shake blaugrana shake

    Semoga pengelolaan makin nyaman nyaman n nyaman gan, juga item wisata dibatu khususnya n malang raya pada umumnya; selamat berwisata guys!!

  • whhh Cocok seklai untuk liburan kalo yang ini mas..

  • Update harga tandem paralayangnya dong. Kekurangan dari pariwisata kita adalah kurang adanya transparansi harga. Sehingga wisatawan tidak bisa memprediksi dana wisatanya. Beda dengan pariwisata di eropa atau Thailand, jepang, Korea. Semua destinasi wisata terstandart dan selalu update harga masuk atau service charge yang ada. Semoga dunia pariwisata Indonesia bertambah profesional kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *