Pantai Klayar Pacitan Air Mancur Seruling Samudera dan Sphinx

Pantai Klayar Pacitan

Tahukah Anda ada sebuah pantai yang sangat indah di Pacitan, bukan hanya pantai dengan pasir putih saja tapi disini juga ada air mancur yang menyembur diantara batu karang disalah satu sisi dari pantai ini. Namanya adalah pantai Klayar, salah satu dari sekian banyak pantai yang dimiliki Pacitan, lebih tepat lokasinya terletak di desa Kalak kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan.

Meski tergolong baru namun pesonanya sudah mampu membius banyak orang untuk datang dan berkunjung ke pantai yang satu ini, bahkan menjadikannya sebagai tempat wisata favorit mereka.Pantai Klayar Ceria

Terlebih saat liburan volume kunjungan wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara sangat banyak, jadi tak heran pantai yang populer dengan nama Klayar saja tanpa ada embel-embel pantai sangat cepat melejit ketenarannya.

Memiliki air laut yang biru bersih dan hamparan pantai yang panjang dengan pasir putih yang masih terjaga kebersihannya selain itu juga Anda harus tetap berhati-hati sebab ombak yang dimiliki cukup besar sesuai dengan ciri khas pantai yang terletak di pesisir selatan pulau jawa, seperti pantai balekambang. Namun jangan khawatir Klayar ini memiliki banyak penjaga pantai yang siap dan selalu mengawasi serta menjaga pengunjung pantai ini.

Selain itu ada keunikan lain yang membuat Anda harus mengatur waktu libur untuk berkunjung kesini, terdapat fenomena alam berupa air mancur yang bisa menyembur hingga setinggi 10 meter yang berada pada sisi kiri pantai lebih tepatnya disisi pantai yang memiliki wajah dengan deretan batu karang, ketika ada ombak yang cukup besar datang menerjang batu karang, sebagian airnya akan masuk ke celah-celah yang ada dibawahnya lalu dengan tekanan ombak tadi, air tersebut menyebur keatas melewati lubang salah satu lubang yang ada di batu karang tersebut, terkadang semburan air tersebut disertai dengan bunyi siulan mirip tiupan seruling, dan apabila beruntung saat cerah akan muncul pelangi disekitar semburan air mancur tadi.Seruling Samudera Pantai Klayar Part 1Seruling samudera ada pelangi pantai klayar

Sungguh pantai yang sangat bagus dan unik sekali, belum cukup hanya disitu, tak jauh dari lubang munculnya semburan air tadi ada batu karang yang menjulang tinggi bila di perhatikan dengan baik seperti mirip sphinx.sphinx pantai klayar

Ini adalah sebuah pantai yang sangat direkomendasikan untuk menginjakkan kaki bila berkunjung ke Pacitan.

Soal Infrastruktur disini bisa dibilang cukup bagus, masyarakat dengan pemerintah setempat sudah siap dan sadar akan meningkatnya gelombang wisatawan yang berkunjung, terbukti dengan adanya fasilitas yang baik seperti ada lahan parkir yang luas bukan hanya untuk motor tapi juga untuk mobil, terdapat warung dan tempat oleh-oleh di sekitar warung, terdapat fasilitas air bersih dan sebagainya.

Selain itu masyarakat sekitar dengan sadar membantu mengatur dan menunjukkan jalan arah ke Klayar, meskipun rambu-rambu dan penujuk arah sudah sangat banyak dan jelas. Hanya saja jalan untuk sampai ke pantai setelah melewati kota Pacitan masih sempit. Jadi sering terjadi kemacetan bila Anda berkunjung disaat siang hari sebab disaat itu dari pantai keluar kendaraan pengunjung juga.

Bila Anda hendak berkunjung kesana ada baiknya sampai disana saat masih pagi. Untuk mencapai pantai ini ada berbagai jalan dan rute.

  • Bisa melalui jalur Madiun – Ponorogo – Pacitan untuk wisatawan Jombang, Surabaya dan sekitarnya. Bila Anda yang berasal dari Jombang lama perjalan untuk sampai ke Klayar adalah 7 jam.
  • Jalur Tulungagung – Trenggalek – Ponorogo – Pacitan untuk wisatawan Malang, Kediri dan sekitarnya.
  • Rute dari Solo bisa melewati Pricimantoro – Giribelah – Kalak.
  • Rute dari Jogjakarta yakni Pathuk – Wonosari – Pracimantoro – Giribelah – Panung – Klayar.

Di sarankan juga untuk memakai kendaraan pribadi seperti sepeda atau mobil, juga bisa memakai jasa travel. Untuk angkutan umum sampai ke pantai Klayar belum tersedia.

Selain itu tetap fokus dan berhati-hati jalan yang di Pacitan merupakan jalan yang berkelok dan menanjak serta menurun khas daerah pegunungan. Selain Klayar Pacitan juga memiliki pantai banyu tibo dan goa gong yang sangat mempesona.

Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *