Merawat gigi agar tetap sehat dan putih

Supaya gigi tetap sehat, saya yakin tak akan ada orang yang mau merasakan yang namanya sakit gigi, meskipun ada sebuah lagu lebih baik sakit gigi daripada sakit hati, kalau menurut saya jika bisa tak sakit keduanya mengapa harus memilih sakit.Cara merawat gigi sehat
Gigi yang terlihat putih dan bersih juga akan membuat kita percaya diri untuk bergaul dengan sesama kita lebih dekat lagi, untuk mendapatkan gigi yang bersih kuat sehat dan putih sebenarnya tidaklah sulit, kuncinya kita harus konsisten membersihkan, merawat dan menjaga gigi kita. Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkah yang dapat anda terapkan untuk mendapatkannya.

  • Gosok gigi secara teratur.

Yang paling populer dari semua cara merawat gigi yaitu yang satu ini, biasanya kita menggosok gigi minimal 2 kali sehari, yaitu saat mandi di pagi hari dan mandi di sore hari, namun ada juga yang menggosok gigi 1 kali saja bahkan tidak sama sekali dalam sehari karena kesibukan kita yang sangat menghabiskan waktu. Ternyata gosok gigi 2 kali sehari ini dinilai kurang efektif untuk membersihkan gigi anda, kapan waktu yang baik untuk menggosok gigi? waktu yang paling baik yaitu sesaat setelah anda makan dan sebelum tidur malam hari. Terapkan langkah ini secara teratur guna mendapatkan hasil yang maksimal. Baca juga gosok gigi yang baik bagi pemula.

  • Kurangi makanan manis berlebih.

Makanan yang mengandung manis bahkan yang berlebih dapat menimbulkan efek tidak baik bagi kesehatan gigi dalam jangka panjang dan efek buruknya akan semakin cepat tampak jika anda mengkonsumsinya secara berlebih walau tak ada efek yang muncul segera dalam waktu yang singkat setelah mengkonsumsinya. Sering kali kita melihat ada anak kecil yang mempunyai gigi yang tidak lengkap (rusak) dan berwarna hitam itulah efeknya jika terlalu sering mengkonsumsi makanan manis berlebih dan sering, untuk makanan manis berlebih yang sebaiknya anda kurangi yaitu coklat, permen, dan sebagainya.

  • Berhenti dan jangan merokok.

Efek buruk untuk gigi yaitu terletak pada nikotinnya yang dapat membuat gigi berwarna kuning, jika anda tidak percaya sebelum mencoba di gigi letakkan rokok anda yang sudah menyala pada jari dan apit dengan jari lainnya, diamkan sebentar lalu lihat kuku anda sekarang nampak berwarna kuning agak gelap dan sulit di hilangkan. Jika anda sekarang merokok tapi ingin mempunyai gigi yang putih sebaiknya anda berhenti merokok sekarang juga, baca juga kiat berhenti merokok yang afektif.

  • Hindari dan kurangi minuman yang terlalu dingin dan makanan panas.

Kebanyakan dari kita akan suka dengan minuman yang dingin seperti es buah, es cream dan lainya apalagi saat puasa tubuh kita akan merasa sangat gerah dan perlu minuman yang dingin dan segar. Namun minuman yang mempunyai dingin berlebihan sangatlah tidak baik buat gigi apalagi gigi yang sudah pernah merasakan sakit (anda yang pernah sakit gigi), minuman yang terlalu dingin akan membuat gigi kita terasa ngilu seperti ada yang menusuk giginya.

Sama halnya dengan yang telalu dingin, makanan yang panas tentu juga tidak baik buat gigi anda, dapat juga membuat gigi ngilu apalagi yang terlalu panas dapat menyakiti lidah anda. Ada baiknya anda menunggu makanan dan minuman anda agak dingin untuk mulai menyantapnya.

Untik itu hindari yang terlalu dingin dan terlalu panas tidak hanya makanan tapi juga minuman, dan jangan sekali-kali makan dan minum secara langsung stelah dingin lalu panas atau sebaliknya karena dapat membuat gigi anda kropos, seperti gelas jika di isi dengan air panas lalu di isi dengan air dingin lama kelamaan akan retak dan pecah.

  • Periksa ke dokter gigi secara berkala.

Sebaiknya mulai dari sekarang anda harus membiasakan periksa kesehatan gigi anda ke dokter gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali guna mengetahui apa gigi anda dalam keadaan baik-baik saja, dan dari sini juga kita dapat dengan cepat mengetahui jika ada lubang pada gigi dan akan segera di tambal agar tak semakin membesar dan merusak gigi.

Itulah yang dapat saya sampaikan baca juga tips make up yang natural, semoga bermanfaat merawat gigi agar tetap sehat dan putih.

Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *