Menyeberang Ke sisi lain sungai Brantas

Sungai Brantas merupakan salah satu sungai terpanjang di indonesia, terutama di pulau jawa, menempati peringkat kedua setelah sungai Bengawan solo, sungai ini juga lebar dan besar sebanding dengan panjangnya yang mencapai ± 525 km dari Malang hingga Mojokerto.

tambangan sungai brantas sesejuk-pagi.blogspot.com

Keadaan daerah di sekitar sungai ini bisa di bilang kurang bersahabat, dengan terik matahari yang sangat panas dan letak jembatan penyeberangan ke sisi lain yang jauh semakin menambah susahnya akses ke daerah yang jauh dari jembatan penyeberengan karena harus memutar jauh, terutama di daerah jombang.

Baca juga Liburan menggunakan sepeda motor.

Sebelumnya saya sudah memposting tentang daftar candi yang ada di Trowulan Mojokerto peninggalan kerajaan majapahit, yang sangat sayang untuk di lewatkan.

Memang jembatan penyeberangan yang ada di sepanjang sungai Brantas sangat minim dan jauh, tapi masih ada akses ke daerah yang jauh dari jembatan, salah satunya di Kecamatan Kesamben Jombang, banyak sungai menyediakan jasa penyeberangan, namun di kesamben ini lah yang sudah saya coba dan berhasil mendokumentasikannya.

Jasa penyeberangan sungai dengan kapal ini paling populer di sembut tambangan atau penambangan, menggunakan kapal kecil tapi mampu menampung lebih dari 10 buah sepeda motor beserta orang yang mengendarainya, di Kesamben ini yang saya kebetulan saya coba, ada tiga pilihan tambangan, namun yang paling populer adalah yang tengah terlihat dari banyaknya orang yang di angkut dan mengantri, otomatis intensitas penyeberangan yang paling sering.

Jika anda ingin melihat dokumentasi saya tentang penyeberangan ini, ada di dalam video berikut.

https://www.youtube.com/v/mSuHRGg_cV8?version=3&f=user_uploads&c=google-webdrive-0&app=youtube_gdata

Penambangan Kesamben ini menghubungkan antara Kesamben dan Kecamatan Keboan, cukup dengan uang Rp. 1.000,- kita sudah bisa menggunakan jasa mereka, namun sering sekali mereka rela tak di bayar, jika yang menyeberang itu anak memakai seragam sekolah dan guru.

Nah itulah sobat yang bisa saya bagikan tentang Menyeberang Ke sisi lain sungai Brantas, semoga bermanfaat sobat. NB : videonya Menyeberang Ke sisi lain sungai Brantas memakai nokia 2700c, maaf jika mengecewakan.

Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

16 comments

  • Wahyu Eka Prasetiyarini

    wah lumayan besar juga ya mas sungai berantas itu. Harus hati-hati kalau menyebereng sungai berantas berarti ya mas 🙂

  • Mohammad Isnaeni

    Rela tidak dibayar kalau yang naik anak sekolah, ini yang saya kagum ..

  • kalau bandingannya sama jembatan suramadu gimana mas?

  • Harus sabar dan hati-hati hehe

  • Inget waktu SD dulu
    Kalo sungai berantas…emang sungai terpanjang ya mas 🙂

  • jangankan menyebrang, liat sungai saja belum pernah saya…hihihi

  • BlogsOf Hariyanto

    salah satu kelemahan pemerintah kita adalah kurang memperhatikan sarana transportasi, seperti pembangunan jembatan-jembatan, seperti di sungai Brantas ini….padahal Indonesia sudah merdeka sekian puluh tahun….jalan dan jembatan tol dibangun begitu banyak…namun jembatan diabaikan…….keep happy blogging always…salam dari Makassar 🙂

  • Valentino Febrian

    kalau di lamongan dlu saya pernah tp saya ortu saya. di jombang kayak,x blum mas..prnah lihat aja.. kdang waktu lbur jlan2 di jombang kbetulan rmah saya di sebelah barat deket daerah jombang

  • Wahyu Eka Prasetiyarini

    sungai brantas ini konon katanya sering banjir ya mas. Bisa bahaya juga ya kalau pas musim hujan gini hmmmm 🙂

  • luarbiasa yah dia rela sekalipun nggak dibayar demi anak sekolahan,salaut saya,,,

  • mampir lagi mas….

    kunjungan pagi hari…

  • Valentino Febrian

    sungai brantas diberitakan sering memakan korban

  • Mohammad Robih

    Harus berhati hati 😀

  • Mawan Cradlez

    nyelam enak kali yah ,hehe salam mas 😀

  • sungainya besar dan panjang juga ya, kalau saya ngeri mas ngelihat sungai segede itu takut ada Buaya buntung hehehe

  • saya pernah menyeberang sungai berantas di daerah kediri dan tulungagung, pakai rakit, jadi sepeda motor juga dinaikkan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *