Menjaga kebugaran tubuh saat puasa

Menjaga kebugaran tubuh saat puasa menjadi hal yang sangat penting apalagi jika kita adalah seorang pekerja yang pada siang hari saat puasa kita bekerja seperti biasanya sebelum memasuki bulan ramadhan.Dan meskipun kita berpuasa tuntutan kerja sebagai seorang yang profesional tetap tidak berkurang, kita tetap di tumtut menjalankan dan menyelesaikan tugas kerja kita sebaik mungkin meskipun kita berpuasa.
tetap bugar saat berpuasa

Kebanyakan dari kita selalu berlebihan dalam makan saat waktu berbuka mulai, mungkin karena makan yang begitu lengkap dan menggoda dari hari-hari biasa serta begitu laparnya kita. Sedangkan kita harus mendapatkan asupan makan dan gizi yang cukup untuk berpuasa dan bekerja.Untuk bisa menjaga kebugaran tubuh saat beraktifitas seperti di bulan ramadhan ini, ada baiknya anda menerapkan beberapa tips dan trik yang saya bagikan berikut ini.

  1. Minumlah air putih yang cukup pada waktu sahur, jika kita tidak melakukannya tentu di siang hari kita akan merasakan yang namanya haus yang sangat hebat mengingat pada bulan puasa siang hari selalu terasa lebih panas dari biasanya.
  2. Hindari yang namanya kopi dan teh, minum kopi atau teh sekalipun bukanlah masalah tapi menurut pengalaman saya minum kopi dan the pada saat atau setelah sahur akan memberi efek buruk seperti cepat haus, sering buang air kecil, perih di lambung dan sebagainya.
  3. Usahakan minum air putih saat berbuka dan menjelang tidur, ini sama seperti poin pertama.
  4. Makanlah makanan yang bisa membuat anda tahan lapar selama mungkin terutama tahan lapar saat siang hari pada waktu sahur, hal ini agar kita tak merasakan yang namanya lapar, dan bahaya lapar ini bisa membuat kita lemas dan malas melakukan hal apapun saat berpusa. Baca juga cara menanak nasi Classic.
  5. Sahurlah saat menjelang waktu sahur berakhir.
  6. Saat siang hari atau saat bekerja, kerjakan tugas dari hal yang paling ringan terlebih dahulu.
  7. Hindari melakukan hal yang tidak perlu selama anda berpuasa seperti berlari, mengangkat beban berlebih dan seterusnya yang anda anggap tidak perlu di lakukan.
  8. Jaga emosi anda, jika kita terbawa kemarahan saat berpuasa tentu kita akan menghabiskan banyak energi, baik itu kemarahan yang langsung anda keluarkan dan terlebih kemarahan yang anda pendam.
  9. Usahakan jangan ke atau melewati yang namanya warung atau kantin saat berpuasa, hal paling menggoda saat puasa adalah makanan dan minuman, dan jika anda tergoda tentu puasa anda jadi batal, dan seklipun anda tidak tergoda tentu anda akan memikirkannya (makanan dan minuman tersebut), dan energi anda terbuang sia-sia.
  10. Berangkat kerja lebih awal lebih baik, sebaiknya saat berpuasa demi menjaga kebugaran tubuh kita ada baiknya kita dalam berangkat bekerja itu lebih awal atau setidaknya tidak telat, agar kita tidak terburu-buru di jalan dan terhidar dari macet serta kita bisa beristirahat sejenak di tempat kerja sebelum memulai aktifitas kerja kita.
  11. Pulang tepat waktu, bagi anda yang bekerja tidak long shift (lembur harian) dan non shift (tidak ada pembagian waktu kerja) ada baiknya setelah waktu kerja anda selesai biasanya jam 16:00 WIB segeralah untuk pulang, agar kita terhindar dari macet dan cepat sampai dirumah sebelum waktu buka mulai, dan pada akhirnya dapat berbuka puasa tepat pada waktunya.

Sekian bagaimana cara menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa. Baca juga bahaya anak terlalu gemuk.

Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *