Mengatasi Syndrome CVS

Bermain dengan komputer itu hal menyenangkan, apalagi jika di dalam komputer yang sedang sobat pakai itu terdapat program seperti game, edit foto, dan sebagainya, di tambah terhubung juga ke internet, wah semakin mantab saja.

Mengatasi Syndrome CVS

IlustrasiSyndrome CVS

Namun jika anda terlalu berlama lama di depan komputer, mungkin ini yang anda rasa, mata terasa tegang, nyeri di leher atau punggung, hati hati anda terkena CVS, apa itu CVS?.

Computer vision syndrome (CVS) adalah suatu keadaan yang terjadi karena terlalu lama memfokuskan mata pada layar komputer. Umumnya penderita akan mengeluhkan nyeri kepala, pusing, penglihatan kabur, nyeri leher, mata merah, penglihatan ganda, sulit memfokuskan mata, bahkan kelelahan. CVS terjadi karena otot-otot mata menjadi tegang dan lelah akibat terlalu lama memandang layar komputer, selain itu mata juga menjadi kering karena umumnya jumlah kedipan seseorang pada saat memandang layar komputer berkurang sehingga mata kekurangan air mata. Gejala ini juga dapat diperparah oleh cahaya lampu yang terlalu terang atau angin AC yang terlalu kencang sehingga menyebabkan mata menjadi kering.

Untuk mencegah CVS ini sebenarnya tidak terlalu susah sobat, bisa di lakukan dengan cara berikut ini :

  1. Sesuaikan pencahayaan di monitor dan pencahayaan di ruangan yang anda pakai, dengan tingkat kenyamanan mata anda. Tingkat pencahayaan yang terlalu terang justru akan membuat mata silau, sedangkan pencahayaan yang kurang akan membuat mata kita bekerja terlalu berat, hingga seperti hampir melotot. 
  2. Atur jarak pandang mata ideal ke monitor. Idealnya jarak pandang kita ke monitor yaitu antara 40-50 cm. 
  3. Gunakan monitor dengan radiasi rendah atau pelindung radiasi monitor, ini akan mengurangi resiko radiasi dari monitor ke mata anda. 
  4. Berkediplah secara teratur, tidak berkedip dalam waktu yang lama di depan monitor akan membuat mata anda kering dan perih, yang akhirnya dapat membuat mata anda memerah. Jika anda mempunyai masalah dengan mata anda, baca juga cara sederhana menjaga kesehatan mata. 
  5. Atur posisi monitor yang senyaman mungkin. Posisi monitor yang terlalu tinggi akan membuat nyeri kepala kita, karena pasokan udara ke otak kita terhambat saat kita mendongak, sedangkan jika terlalu rendah akan membuat leher atau punggung kita sakit. 
  6. Istirahat yang cukup. Ingat mata juga perlu istirahat sobat, bukan cuma mata tapi tubuh kita juga loh, biar tidak pegal sebaiknya terapkan 25 menit berkomputer ria, 25 menit istirahat.
Sekian sobat sesejukpagi yang bisa saya bagi tentang mengatasi syndrome CVS, jika sobat adalah pegawai baru di tempat kerja sobat, ada tips sebagai pegawai baru.
Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

44 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *