Memilih Pasangan Hidup Yang Baik

Memilih pasangan hidup yang tepat merupakan salah satu hal terpenting dalam hidup, dengan mempertimbangkan berbagai aspek dan berbagai faktor kriteria pemilihan harus dihitung secara matang-matang, menikah bukan sekedar hubungan di ranjang saja tapi lebih komplek tentang bagaimana anda mempertangung jawabkan nasib keluarga anda.Ketika seseorang memutuskan ingin menikah, pasti bermimpi akan melangsungkanya sekali seumur hidup, dan akan selalu bersama dengan orang tersebut yang telah menjadi pilihannya.

Memilih Pasangan Hidup Yang Baik
Apabila salah memilih seseorang yang akan anda nikahi, maka akan berdampak buruk pada kualitas hidup anda di masa depan. Salah satunya yaitu perceraian, setiap orang pasti tidak ingin mengalami perceraian, karena perceraian itu bukan pilihan yang baik dan sebaiknya diambil hanya jika semua usaha yang sudah dicoba agar hubungan rumah tangga tetap menjadi baik itu tidak berhasil dan kemungkinan akan membahayakan jika hubungan tersebut diteruskan alias perceraian, simak menjaga hubungan agar terhindar dari perceraian.

Masa pacaran, salah satu upaya untuk menemukan pasangan hidup yang tepat. Pacaran yang baik itu tidak melakukan apa saja yang hanya boleh dilakukan oleh pasangan yang sudah menikah sebelum mereka minikah. Melakukan tindakan yang tidak semestinya justru akan berdampak buruk pada hubungan kalian nantinya.

Berikut beberapa patokan yang bisa anda terapkan untuk memilih calon pasangan hidup yang baik :
  • Saling Jujur.
Tidak ada satu orang pun yang senang dibohongi. Jadi pilihlah seseorang yang bisa dipegang kata-katanya. Anda akan dibuat pusing bukan main jika seseorang anda pilih adalah orang yang tidak jujur dan bahkan akan berpengaruh pada kesetiaannya.
  • Cinta dan Kesetiaan.
Seseorang yang setia akan selalu mencintai dan menyayangi anda, selalu berada mendampingi anda kondisi apapun. Cinta menjadi hal yang sangat penting, karena cinta adalah modal dasar dari sebuah hubungan suami istri yang baik.

  • Penampilan Menarik.
Carilah seseorang yang dari ciri fisik anda suka, menarik tidak harus selalu cantik, tampan, seksi, manis dan sebagainya, tapi yang tidak membuat anda membencinya ketika anda melihatnya. Coba anda amati untuk beberapa saat kedepan, apakah seseorang tersebut dapat membuat anda bhagia saat memandang wajahnya?. Atau tidak?, simak cara make up yang natural.

  • Taat Ibadah.
Sangat  penting bagi masa depan keluarga anda, ketika nantinya anda sudah dikaruniai buah hati. Dengan kolaborasi anda dan pasangan anda sebagai pasangan yang taat beribadah tentu berharap untuk dapat mendidik anak-anak anda dengan baik, adakah orang tua yang ingin putra-putri mereka menjadi insan yang tidak baik dan lalai beribadah?. Tentu tidak. Jadi pilihlah seseorang yang taat bribadah yang bisa mempengaruhi anda dan keluarga anda nantinya untuk beribadah lebih baik lagi.

  • Pandai atau Pintar.
Carilah seseorang pintar yang mampu memanejemen keluarga anda dengan baik nantinya. Seseorang pintar akan pandai menempatkan posisi dirinya di keluarga dan selalu tanggap dengan keadaan anda, ketika anda memerlukan sedikit bantuan maka dia akan datang menawarkan diri ntuk membantu. Jadi anda tidak akan di buat repot dengan kehadirannya, dan akan semakin nyaman dengan kehidupan berumah tangga anda.

  • Tidak Materialistis.
Sebanyak apapun uang yang anda dan pasangan anda dapatkan, tidak akan cukup bila harus menghidupi kehidupan rumah tangga anda dimana ada salah satu dari anda dan/atau pasangan anda yang materialistis. Apabila anda dan/atau pasangan anda tidak sanggup lagi memenuhi kebutuhan dari si materialistis, bisa-bisa rumah tangga anda akan berantakan dan di tinggalkan.

  • Emosi Stabil Rendah.
Seseorang yang murah senyum, lemah lembut, tidak suka marah dan tidak mudah stres menghadapi problema dan dinamika hidup akan menjadi pasangan yang baik. Sebelum memutuskan untuk menikah, sebaiknya anda amati calon pilihan anda selama masa pacaran, tentang emosi, sikap dan perilakunya. Jika calon pilihan anda tersebut gampang sekali untuk marah bahkan sampi meledak-ledak dan tidak bisa diredam sebaiknya tinggalkan saja.

  • Dapat Menghibur.
Pasangan yang baik adalah seseorang yang bisa menghibur anda di saat suka dan duka dalam berbagai kondisi baik terhadap pasangan merka maupun terhadap anak-anak mereka.

  • Sehat Jasmani Dan Rohani.

Pilihlah seseorang yang sehat dari segi fisik dan mental, pilih yang sehat, cerah, gesit, kuat, dan tidak mudah sakit. Dari segi kesuburan pun juga penting jika anda ingin memiliki keturunan, jika belum yakin maka sebaiknya anda melakukan pemeriksaan kesehatan berdua saat pranikah. Perhatikan pula keluarganya apakah ada yang memiliki riwayat penyakit yang dapat menurun dan bisa berakibat fatal, terkadang suatu penyakit dapat diturunkan ke anak atau cucu.

  • Dapat Dikontrol Dan Mengontrol.

Saat calon pasangan anda melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan apa yang anda inginkan, katakan dengan baik tanpa emosi. Katakan bahwa dia bisa melakukan apa yang anda inginkan dan ungkapkan juga alasannya. Begitu pula sebaliknya, dia pun bisa melakukan hal yang sama. Tentu saja hal ini diperlukan adanya kesamaan tingkatan atau derajat dimana masing-masing pasangan sama-sama dalam satu team kepemimpinan yang solid. Untuk mendapatkan seseorang dengan tipe ini, biasanya usianya tidak terpaut jauh dengan anda dan kepintarannya pun hampir sama dengan anda.

  • Persetujuan Orang Tua, Keluarga, Teman dan Sebagainya.

Saat ingin memutuskan menikah, sudah pasti harus ada dukungan dari orang-orang disekitar anda, seperti orang tua, mertua, teman, kerabat, saudara, teman, tetangga, teman kantor dan lain-lain. Pernikahan yang emosional tanpa dukungan orang dekat dapat berdampak buruk bagi hubungan di masa mendatang. Yang jelas jika belum mendapat persetujuan, anda harus dapat berbicara dengan baik untuk membela argumentasi anda.

Sekian beberapa patokan yang bisa anda pakai dalam usaha anda mencari pasangan hidup yang baik buat anda dan keluarga anda. Semoga berhasil.

Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *