Membina Keluarga Yang Bahagia

Keluarga bahagia

Memiliki keluarga yang baik adalah harapan bagi semua orang dan menjadi tujuan bagi setiap pasangan yang menikah untuk menciptakan keluarga yang harmonis. Istilah islaminya keluarga sakinah wawaddah warohmah.

Pada pembahasan sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana cara bahagia secara umum yang bisa Anda baca pada halaman berikut “Kunci hidup bahagia“. Pada kali ini akan dibahas yang lebih spesifik lagi, syarat sukses membina keluarga yang bahagia.

Dalam acara pernikahan sering kali kita akan mendengar para pemberi sambutan ataupun pembicara lainnya mengucapkan kalimat keluarga yang baik dan bahagia.

Seperti yang dikutip dari sambutan dan acara serah terima dalam sebuah acara pernikahan ada hal yang cukup menarik yaitu syarat jika ingin memiliki keluarga yang bahagia sesuai yang diajarkan oleh Rosululloh.

Bagaimana lengkapnya tentang pokok bahasan diatas? Inilah dia selengkapnya.

1. Memiliki pasangan yang baik.

Saat ini bukan lagi jaman dimana menikah dengan orang yang ditentukan oleh orang tua, perjodohan dan lain-lain atau yang lebih populer bukan jaman siti nurbaya. Sekarang ini para pemuda diberi kebebasan untuk memilih dan menentukan pasangannya masing-masing. Jika ingin memiliki keluarga yang baik hendaknya memilih calon pasangan yang baik, dan baik disini artinya yang sewajarnya dimana kita mengenal siapa sosok calon pasangan dan mampu menerimanya dengan baik, serta yang paling penting dari sisi ibadahnya.

2. Memiliki anak yang baik.

Dengan memiliki anak yang baik atau sholeh dan sholihah adalah jembatan selanjutnya untuk memiliki keluarga yang bahagia. Seperti dalam sebuah hadist sahih mengatakan ada tiga hal yang tidak akan habis atau hilang walau sudah mati yang salah satunya adalah doa dari anak yang sholeh.

3. Memiliki pekerjaan yang baik.

Berkeluarga hendaknya selalu berdekatan dan jangan jadikan pekerjaan sebagai pemisah kedekatan pasangan, dimanapun sang pasangan berada hendaknya dia juga mengikutinya. Dan apabila sudah memiliki sebuah pekerjaan yang baik hendaknya dijaga dan terus ditekuni. Jangan sekali-kali mengikuti anggapan “asal kumpul” pertimbangkan juga soal kebutuhan keluarga apalagi setelah adanya anak. Baca halaman berikut cara cepat kaya.

4. Memilih lingkungan yang baik.

Terakhir adalah lingkungan yang baik, disini maksudnya pilih dan bergaulah dengan orang yang baik sebab kamu sudah berkeluarga tidak lagi bisa seenaknya pulang larut malam. Terlebih bila sudah ada buah hati berilah contoh yang baik. Lingkungan yang baik untuk tempat tinggal juga mempunyai manfaat yang luar biasa bagi perkembangan karakter anak.

Setelah membaca artikel diatas ambilah intisari dari pembahasan ini dan coba terapkan. Penulis percaya kebahagiaan itu sangatlah mudah untuk digapai.

Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *