Membangun Teras Rumah Yang Baik

Teras rumah sekarang biasa di gunakan untuk menerima tamu yang cenderung lebih formal. Ruang peralihan antara sebelum masuk atau keluar dari ruang dalam ini terkadang berperan juga sebagai etalaserumah. Karena itu, rancangannya menyatu dengan desain fasad, yang mewakili karakter rumah.Semakin jarang rumah yang memiliki teras depan yang difungsikan sebagai ruang duduk di luar. Umumnya di rumah kecil teras hanya berupa area minim sekedar formalitas agar batas pintu tak langsung ke taman atau pagar rumah.

Teras Rumah Minimalis

Sebenarnya seminim apapun lahan teras rumah jadikan ruang itu fungsional, berikut tips menciptakan teras cantik :

  • Pilih tema desain teras

Anda bisa menghadirkan kesan modern atau natural. Kesan modern diperoleh dari cat diding yang dekoratif, pemasangan keramik lantai dan furnitur ringan berdesain sleek. Kesan natural di dapat dari penggunaan material alam, seperti batu alam untuk hiasan dinding,kayu dan bambu untuk lantai dan tiang rumah, juga aneka tanaman hias akan semakin memperkuat kesan natural teras anda.

  • Pilih furnitur sederhana

Pilih furnitur yang sederhana dan sesuai ukuran teras. Furnitur berdesain rendah dan berbahan ringan dapat memberikan kesan ramping.

  • Memanfaatkan balustrade

Jika luas ters tak memungkinkan untuk menempatkan meja sebagai teman kursi, manfaatkan handrail dari balustrade dengan lebar minimal sekitar 20cm.

  • Merancang pintu dan jendela

Sesuaikan model dan materialnya dengan tema teras, atau sebaliknya. Perhatikan juga arah bukaan pintu dengan posisi furnitur teras.

  • Memajang aksesori cantik

Anda dapat menempatkan lampu dan elemen dekoratif di dinding rumah, namun hindari memajang aksesori yang berlebihan supaya teras tidak terlihat sesak.

  • Menghadirkan kursi

Hadirkan kursi santai atau kursi ayunan di teras, tambahkan bantal sebagai alas duduk atau bersandar.

  • Memasang gerai

Pilih material kerai yang tahan terhadap cuaca, seperti dari bahan alumunium. Kerai ini digunakan untuk melindungi penguna teras dari terik matahari dan menghindari tempias hujan.

  • Menghias dengan aneka tanaman

Ragam tanaman hias akan memberi nilai estetika lebih. Tempatkan tanaman dalam pot beraneka warna untuk melunakkan kesan masif teras.

  • Bermain warna

Kombinasikan warna secara tepat agar teras terlihat segar dan ceria. Jangan takut untuk memilih warna-warna kontras pada dinding dan elemen dekoratif yang ditempatkan di teras.
Itulah beberapa tips yang bisa di terapkan di teras rumah anda. Jangan lupa singkirkan barang-barang yang wajib disingkirkan dari rumah, selengkapnya ada di artikel berikut ini barang yang wajib disingkirkan dari rumah.

Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *