Magelang Tempat Wisata yang Ngangenin

Magelang kurun waktu 2011 lalu mendadak menjadi perbincangan public, bukan karena candi borobudurnya, namun karena di Magelang kala terdapat crop circles. Crop circles tersebut terdapat di areal persawahan di dusun kumbangan, banyusari, tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah. Hingga saat ini lingkaran yang terbentuk di sawah tersebut belum di ketahui berasal darimana dan apa motifnya.

Crop circles membuatku semakin penasaran sebenarnya apa saja wisata yang terdapat di Magelang, dan ternyata banyak tempat wisata yang recommended lho untuk disinggahi saat berlibur ke Magelang. Apa saja tempat wisata tersebut? Check this out !

  1. Candi Borobudur

Candi Borobudur tentu tidak asing lagi ditelinga sebagian kita, begitu juga denganku. Candi Borobudur merupakan ikon wisata Magelang bahkan juga digunakan sebagai ikon wisata Jawa Tengah. Aku sangat sering mendengar cerita tentang candi Borobudur saat duduk di bangku SD. Wisata candi Borobudur merupakan salah satu peninggalan sejarah yang bernilai tinggi. Candi Borobudur pernah dinobatkan sebagai satu dari 7 keajaiban dunia dan ditetapkan sebgai world heritage sites oleh UNESCO. Hal ini membuat candi borobodur selalu didatangi wisatawan lokal maupun mancanegara. Di dalam candi Borobudur terdapat 1460 relief dan 506 stupa dan candi Borobudur merupakan candi terbesar ummat budha. Siapkan lensa kamera yuk berfoto disana !

Candi borobudur

Sumber Foto : wikipedia.org

  1. Candi Mendut

Wisata sejarah lainnya yang terletak di Magelang adalah Candi Mendut. Letaknya tidak jauh dari candi Borobudur, sekitar 3 KM saja letaknya di Jalan Mayor Kusen kota mungkid. Menurut para ahli sejarah candi mendut dibangun pada masa pemerintahan raja Indra dari dinasti syailendra. Candi mendut merupakan bangunan yang berasal dari batu bata dan ditutupi oleh batu alam. Di dalam candi mendut terdapat 3 buah arca yak terkenal yaitu dyani cakyamuni atau vairocana, arca avalokitesvara, dan arca bodhisattva vajrapani, susah ya menyebutnya? Sama, hehehe.

  1. Candi Pawon

Setelah berkunjung ke candi Borobudur dan candi mendut tak lengkap jika tak berkunjung yang satu ini. Candi pawon. Candi pawon terletak di desa Borobudur, kecamatan Borobudur, magelang, jawa tengah. Candi pawon memiliki hubungan erat dengan candi mendut dan candi Borobudur. Ketiga candi tersebut merupakan peninggalan agama budha dan ternyata terletak dalam satu garus lurus lho. Kenapa bisa begitu ya? Fenomena ini sampai saat ini masih dalam perdebatan mengapa bisa seperti itu.

  1. Museum Sudirman

Mau bertambah ilmu pengetahuan? Jangan lupa deh berkunjung ke museum yang satu ini. Museum sudirman terdapat di kota Magelang Jalan Ade Irma Suryani No. C-7 atau disebelah selatan taman badaan. Gedung ini merupakan rumah jendral sudirman pahlawan kita sebelum beliau wafat. Namun sayangnya museum ini sering sepi pengunjung, ayo kita kunjungi tempat tempat bersejarah di Indonesia !

  1. Ketep Pass

Saatnya aku memanjakan mata ku dengan pemandangan yang indah. Tempat yang tepat di Magelang ya ketep pass. Ketep pass merupakan wisata di Magelang yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Lokasinya diantara dua gunung besar yaitu gunung merapi dan gunung merbabu. Dari ketep pass pemandangan dua gunung tersebut dapat terlihat jelas , Amazing ! Di ketep pass terdapat bioskop mini dan museum vulakonologi. Bioskop mini digunakan untuk memutar dokumentasi erupsi gunung merapi. Untuk melihat jelas pemandangan gunung bisa sewa teropong lho, tarifnya juga cukup murah, hanya Rp.3000,-

Ketep pass

Sumber Foto : yukpegi.com

  1. Air Terjun Sekar Langit

Saatnya bermain air dan berwisata alam. Salah satu destinasi yang cocok adalah air terjun sekar langit. Air terjun ini terletak di kaki gunung andong kecamatan grabag. Menurut legenda air terjun inilah yang digunakan tempat mandi para bidadari dalam cerita joko tarub. Pemandangan di air terjun ini juga sangat indah ditambah dengan gemercik air serta rindangnya pepohonan yang ada disekitar air terjun, ah sejuknya.

Air ternjun sekar langit

Sumber Foto : dolanmagelang.blogspot.com

Dimalang juga ada air terjun yang unik dimana air terjun tersebut dipercaya sebagai tempat seorang janda menunggu suaminya yang sudah meninggal untuk kembali yaitu coban rondo.

  1. Gunung Andong

Berbicara air terjun sekar langit yang terletak di kaki gunung andong tak ada salahnya gunung andong menjadi salah satu destinasi wisata. Gunung andong merupakan gunung yang cukup ramah untuk didaki oleh pecinta alam disbanding dengan gunung merapi dan merbabu. Ketinggiannya hanya 1.726 mdpl. Untuk mendakinya hanya butuh 1,5 jam? Boleh juga niih.

  1. Bukit Tidar

Saatnya berwisata religi, bukit tidar merupakan bukityang terdapat di pusat kota magelang, bukit tidar menjadi penyejuk ditengah keramaian kota. Diatas bukit tidar ini kita bisa dilihat pemandangan kota Magelang dari ketinggian. Didalam bukit tidar terdapat petilisan syeh subakir dari Persia yang merupakan penyebar agama islam di Jawa Tengah.

  1. Wisata Kuliner di Magelang

Setelah menyusuri tempat wisata di Magelang saatnya mengisi perut dan memanjakan lidah. Ternyata Magelang menyimpan kuliner yang lezat dan menggoda lidah ku untuk mencicipinya, ini dia kulinernya:

  • Kupat Tahu

Kupat tahu merupakan kuliner khas Magelang yang paling terkenal seantero nusantara. Warung yang terkenal menjual kupat tahu Magelang adalah warung pojok, warung pak slamet, dan warung pak pangat. Untuk kamu yang belum tahu apa itu kupat tahu, kupat tahu terbuat dari irisan tahu dan kupat kemudian disiram dengan kuah khas dicampur dengan seledri, tauge, telur dan kacang, yummy.

  • Wedang kacang

Minuman yang satu ini adalah minuman khas Magelang. Wedang kacang terdari dari kuah jahe, kacang dan ketan. Salah satu warung yang menawarkan menu wedang kacang adalah warung wedang kacang kebon. Hangat nya jahe mampu menemani dari dinginnya kesepian tak ada si dia, hehehe.

Wisata sudah, mengisi perut sudah saatnya berisitrahat. Untuk kamu yang ingin bermalam di Magelang, tak usah khawatir kini telah banyak tersedia beragam hotel dengan beragam harga dan fasilitas di Magelang. Untuk info harga sewa hotel di Magelang silahkan klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *