Lima Penyebab Kegagalan Sebuah Bisnis

Merintis sebuah usaha tidak hanya soal tekad, modal dan kerja keras tapi juga mental siap gagal. Tidak banyak orang dalam memulai bisnis bisa langsung sukses hanya dengan sekali percobaan maka dari itu sikap (mental) siap gagal itu sangat penting.Bisnis Gagal dan bangkrut

Meski begitu bukan berarti mustahil untuk sukses tanpa mengalami kegagalan, Anda bisa bisa sukses membangun bisnis Anda tanpa menjumpai kegalan dengan syarat telah mengetahui faktor-faktor penyebab kegagalan sebuah bisnis dan mampu meminimalisir faktor tersebut. Berikut ini akan kita bahas lima penyebab kegagalan sebuah usaha.

1. Kurang bijak dalam menggunakan modal.

Modal usaha itu sangat penting untuk itu jangan sampai sembarangan dalam menggunakan modal Anda. Tidak masalah memang menggunakan semua uang sebagai modal, apalagi jika modal tersebut tidak terbatas. Namun Jangan sampai Anda kehabisan modal saat usaha Anda masih belum berjalan dengan baik.

Simak cara sukses dengan menghidari 4 hal ini.

Ada baiknya sebelum mulai usaha buatlah terlebih dahulu daftar prioritas pembiayan, jadi Anda tahu mana yang penting dan mana yang kurang penting sehingga modal Anda jadi lebih tahan lama dan bisnis tetap akan bisa jalan meskipun dengan modal kecil.

2. Terlalu pasif.

Lupakanlah segala jenis usaha Anda jika sebagai pemilik Anda terlalu pasif dan hanya menunggu saja. Menjadi pengusaha yang sukses itu di perlukan pemikiran yang kreatif terlebih jika modal yang dimiliki terlalu kecil untuk mempekerjakan orang lain.

Dengan begitu Anda dituntut aktif, sigap dan bisa melihat peluang sekecil apapun serta berani mengambil resiko. Meski begitu bukan berarti semua resiko itu harus diambil tapi harus benar-benar dipertimbangkan mampu apa tidak.

3. Tidak serius.

Setiap usaha apapun jika dijalankan dengan setengah hati tentu hasilnya tak akan baik dan hanya akan menemui kegagalan.

Simak kunci sukses menjadi pengusaha.

4. Tidak melakukan riset pasar terlebih dahulu.

Terjun langsung ke pasar dan melihat produk apa yang dibutuhkan dan paling sedikit pesaingnya itu sangat penting, jangan sampai usaha yang Anda rintis tidak memiliki pasar.

Usaha yang tidak ada pangsa pasarnya tentu tidak akan bisa berkembang dan akhirnya pasti gagal.

Meskipun sudah melakukan riset pasar sebuah usaha juga bisa gagal bila riset pasar tersebut salah.

5. Terlalu menganggap modal adalah segalanya.

Merintis usaha itu memang perlu modal namun bila yang Anda pikirkan kesuksesan itu hanya tergantung modal maka Anda salah.

Bila yang Anda pikirkan hanya itu bisa membuat Anda pasif dan malas berusaha terlebih jika Anda memiliki pekerja. Kesuksesan usaha itu ada beberapa faktor lain misalnya mitra kerja, pegawai dan manajemen kerja yang baik.

Itulah lima faktor penyebab kegagalan sebuah bisnis, semoga Anda bisa meminimalisir faktor-faktor tersebut agar usaha yang dijalankan bisa sukses. Jangan lupa simak penyebab orang gagal sukses dan kaya.

Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *