Kiat Berhenti Merokok.

Kiat Berhenti Merokok Rokok adalah tembakau yang di gulung kertas dalam bentuk silinder, ada banyak jenis dan bentuk rokok, bentuknya yang mungil membuat banyak orang tak mengerti akan dahsyat bahaya yang di timbulkan dari sebatang rokok bisa menyebabkan kanker, Serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan baik untuk perokok aktif mupun pasif, bukankah begitu yang tertulis di cover belakang bungkus rokok.

Lantas kenapa masih banyak orang merokok?

Kebiasaan merokok sudah mendarah daging di bangsa ini, bahkan anak kecil saja sekarang sudah merokok, stress banyak beban merokok, dan akan semakin bahaya lagi jika di temani minuman atau obat-obatan terlarang, tentu kita semua tak ingin jika diri kita atau orang-orang terdekat kita celaka akibatnya.Berhenti merokok

Anda seorang perokok aktif atau bahkan sehari bisa menghabiskan lebih dari 1 bungkus rokok, berhati-hatilah karena anda sedang menjemput bahaya.

Merokok memang bahaya namun berhenti merokok itu bukan urusan mudah semudah membalik telapak tangan, tau tau besok sudah tidak kenal rokok, bukan seperti itu, butuh kesabaran dan tekad yang kuat untuk berhenti merokok, jika anda ingin berhenti merokok berikut tips dari saya bisa anda terapkan.
1. Bulatkan tekad untuk berhenti merokok
Seperti yang saya katakan di atas untuk berhenti merokok itu bukan sesuatu yang gampang tapi bukan mustahil anda bisa terbebas dari rokok, katakan pada diri anda bahwa apapun yang terjadi anda akan tetap berhenti merokok, dan tak ada yang bisa menggoda anda untuk merokok lagi.

2. Berhenti secara bertahap.
Jika anda sebelumnya perokok dengan jumlah fantastis perhari mungkin anda akan kesulitan berhenti merokok bahkan untuk mengurangi 1 batangpun, mulai dari kepala pening, pegal-pegal sampai tak nafsu untuk makan. Namun sekali lagi tak ada yang tak mungkin lihat kembali point pertama tekad harus bulat tak ada yang bisa menghalangi anda untuk berhenti merokok.
Mungkin anda bisa memulai dengan mengurangi 1 batang perhari dari jumlah roko yang anda pakai perhari, dan sampai pada akhirnya anda bisa merokok perhari 1 batang tanpa masalah.
Dan jika sudah seperti itu mulailah merokok 1 batang untuk 2 hari dan tambah jumlah hari untuk beberapa hari kedepan jika anda mersa sudah cukup mampu, sampai anda bisa terbebas dari cengkeram rokok.
3. Terapkan rumah bebas asap rokok
Apakah sering anggota keluarga anda mengeluh jika rumah atau ruangan tak nyaman bau rokok, nah anda bisa menerapkan peraturan tak ada seorangpun bahkan tamu anda yang merokok di dalam rumah, jika ada yang melanggar terapkan hukuman membersihkan rumah atau mungkin kebun.
Banyak sekali orang tua yang melarang anak mereka untuk merokok tapi mereka sendiri merokok di rumah bahkan di depan anak-anak mereka, yang akhirnya membuat anak-anak mereka ingin mencoba lalu jadi ketagihan tak bisa berhenti, tentu anda tak ingin bukan anak kita bermasalah kesehatannya.
Untuk itu terapkan aturan rumahku bebas asap rokok.
4. Sering berkegiatan positif.
Untuk berhenti merokok mungkin akan membutuhkan waktu yang lama, anda mungkin akan bosan dan jadi kangen merokok lagi, untuk itu agar waktu yang anda gunakan untuk berhenti merokok sebagai waktu untuk olah raga, rekreasi, berkumpul dengan keluarga dan sebagainya.
5. Bergaulah dengan yang tidak merokok
Ibarat kata siapa bergaul dengan penjual minyak wangi akan ikut wangi, jika dalam upaya berhenti merokok anda tetap bergaul dengan perokok, usaha anda selama ini akan sia-sia.
Maka dari itu batasi pergaulan anda dengan teman yang suka merokok, sebaliknya tingkatkan kedekatan anda dengan teman yang tidak merokok.

Sekian lama menunggu akhirnya anda berhasil bebas dari genggaman rokok.
Sekian tips dari saya semoga bermanfaat, selamat mencoba dan berhasil.

Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

6 comments

  • curvasud sansiro

    aq susah banget mau berhenti merokok nih mas,izin mencoba trik ini mas

  • iya mas monggo di coba, nyoba pertama x mrokok gampang tapi ketika mau berhenti susah,,,
    butuh kesabaran dan tekad yang kuat.
    Semoga berhasil

    Terima kasih atas kunnjungannya

  • Salam kenal bung , kebetulan saya baru kirim komen di lapak sebelah dan melihat komentar bung jadi mampir kemari 🙂 , pada dasarnya saya setuju dengan point 1 , 3 dan 4. Mengapa dengan point 2 dan 5 ?

    point 2 : berhenti secara bertahap
    Ada paradoks di sini bahwa dengan bertahap maka tidak ada penghentian namun keberlanjutan dengan kuantitas sebagai kunci bukan kualitas yaitu penghentian asupan nikotin ke dalam otak. Bahwa saya tahu , merokok sedikit tentu lebih sehat dibandingkan merokok 2-3 bungkus , kretek tangan ala djisamsoe pula…UGD ! dan saya juga sudah mencobanya berkali-kali dengan cara bertahap seperti artikel ini , minggu 1 …2 jam sekali , minggu 2 … 3 jam sekali , minggu 3 …. 4 jam sekali dan terakhir minggu 4…5 jam sekali. Saya menjalani hal tersebut dengan disiplin , dan pada akhirnya ? saya tetap seorang perokok aktif , dan saya hanya menahan diri namun tetap berkeinginan untuk menghisap rokok , emosi tidak stabil , mudah marah dan uring-uringan… so , ibaratnya , kita hanya menghukum diri kita namun pada dasarnya tetap ketergantungan alias tetaplah seorang junkie ! Lalu apa yang terbaik ? Berhenti total , say no to tobacco … secara fisik kita tidak akan merasa sakit , namun secara mental maupun pikirian memang menyiksa , namun hanya 3 hari pertama yang betul-betul menyiksa sisanya lebih nyaman dan rileks..walaupun saya sadar perjuangan adalah untuk seumur hidup.

    Point 5 : Bergaulah dengan yang tidak merokok
    Bila alasannya adalah "secondhand smoke" yang mungkin kita hirup atau menjadi perokok aktif , maka benar…karena sama saja bohong , ibaratnya pindah jalur dari penghasil asap rokok jadi konsumen asap rokok. Di luar hal tersebut , saya sangat tidak setuju , karena berhenti dari suatu adiksi adalah persoalan mental dan tiada yang lebih ampuh untuk mengujinya selain berada dalam lingkungan dimana alam bawah sadar kita mendorong untuk melakukan suatu habit seperti merokok, selain itu adalah menjadi motivasi bagi saya untuk membuat teman-teman yang masih merokok untuk berhenti …karena setiap perokok yang sudah malang-melintang , pasti pernah terlintas dipikirannya untuk berhenti , dan bila ada rekan yang sukses untuk berhenti akan menimbulkan setidaknya kekaguman juga rasa iri (kok , bisa ?) .. nah di sini kita menjadi dikuatkan , kita menjadi contoh sukses tidak hanya untuk memotivasi rekan untuk mengikuti jejak namun juga sebagi counter bagi rewarding system kita yang terbiasa terpicu oleh nikotin namun mind set kita diubah dengan , tidak merokok saya bahagia , tidak merokok saya merasa nyaman dan percaya diri …niscaya , alih-alih jatuh kembali ke lubang durjana kita membawa keselamatan bagi orang-orang di sekeliling kita.

    Salam ,
    Abe

  • Saya berpendapat bahwa berhenti total itu sangat sulit,dr 1 bungkus k 0 bungkus itu pasti kcil kmungkinanya,jadi untuk bisa berhenti sy ambil jalan mengurangi sedikit demi sedikit,akhirnya nol rokok.
    Memang ini semakin sedikit semakin susah,tapi d sini poin pertama kita akan d uji niat kita seberapa kuat untuk berhenti merokok,mulai dari pening,resah,gundah,emosi tak menentu,uring uringan.
    Namun bagi yg memang kuat dan sungguh sunguh niatnya,sy yakin dia lulus 0 rokok.
    Untuk point 5 jika kita ada niat berhenti merokok mengapa malah jadi penadah asap rokok,sama aja bohong.
    Usahakan agar teman perokok kita tidak merokok d depan kita.
    Saya setuju dengan langkah anda untuk menjadi motivator teman teman yg masih merokok agar sadar merokok itu g baik,saya doakan semoga berhasil.
    Terimakasih bung abe atas gagasan dan kunjunganya.

  • saya merokok sejak smp dan gak bisa berhenti smpe skrg

  • Mukhamad Sholikudin

    merokok itu gak baik loh.
    coba terapin tips saya di atas, asal bisa bersabar pasti berhasil.
    good luck.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *