Kerugian Yang Akan Dialami Pemilik Blog Self Host

Kegiatan blogging itu menyenangkan terkadang juga menyebalkan, sangat menyenangkan bila bisa mendapatkan kebahagiaan dari aktivitas tersebut, entah itu penghasilan, hiburan, wadah untuk berekspresi dan berpendapat, terlihat keren dan masih banyak lagi.

Ketika seorang blogger sudah pada tingkat expert dan memutuskan untuk memperkuat branding blognya dengan memindahkan blognya menjadi blog self host, disaat itu tuntutan bagi blogger tersebut juga semakin bertambah. Dan disinilah derita blogger tersebut dimulai jika ia tak ulet dan blognya kurang berkembang, apa saja kerugian yang akan dialami pemilik blog self host.Kerugian blog self host

1. Rugi waktu.

Sudah pasti aktivitas blogging itu menyita waktu, apalagi bagi blogger yang memutuskan untuk membuat blog self host (hosting sendiri). Saat masih gratisan mungkin mau nambah artikel itu bisa berhari-hari tapi setelah upgrade blog menjadi hosting mandiri, artikel harus ada yang baru tiap harinya minimal 1 artikel.

Bukan hanya untuk itu saja waktu akan terbuang, tapi juga untuk belajar memanajemen blog itu agar tampilan dan keamanannya terjaga. Kebanyakan pemilik blog hosting mandiri selalu menginginkan blognya aman tidak gampang di isengi orang apalagi sampai diretas, dan kebanyakan juga sangat memperhatikan penampilan dari blognya.

2. Rugi biaya.

Setelah rugi waktu kini rugi biaya, kalau blog gratisan seperti blogger atau wordpress versi gratis sebagai pemilik tentu tidak akan memikirkan biaya hostingnya ataupun domainnya, sebab gratis dan bisa menggunakan subdomain seperti contohnya cararibut.blogspot.com.

Berbeda dengan blog host mandiri dimana harus menyediakan nama domain sendiri dan hosting sendiri. Bila blog itu dapat berkembang dengan baik maka tak masalah jika melanjutkan hidup dari blog itu, namun bila blog yang di kelola tidak mempunyai cukup banyak trafik terlebih tidak ada sumber penghasilan seperti google adsense atau iklan lainnya yang dapat menghasilkan uang sudah pasti rugi. Baca cara daftar google adsense blogger.

Dibalik semua hal di atas masih banyak kerugian lain, meski begitu jauh lebih banyak keuntungan yang didapatkan juga, baca keuntungan punya blog.

Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *