Kegiatan Ini Terasa Mempersingkat Waktu Puasa

Berpuasa pada waktu bulan ramadhan merupakan sebuah kewajiban bagi umat muslim, bila kebetulan tak bisa menjalankannya harus menggantinya di hari lain di luar ramadhan atau membayar fidyah.

Membiasakan berpuasa sejak kecil adalah kunci sukses bagi yang ingin dapat menahan diri, bukan hanya menahan lapar tapi juga menahan diri untuk tidak melakukan berbagai hal yang dapat membatalkan puasa, menahan nafsu dan sebagianya.

Kegiatan Ini Terasa Mempersingkat Waktu Puasa

Ilustrasi menunggu waktu buka puasa

Terkadang dalam berpuasa sering kita merasa kenapa waktu berjalan sangat lama, seakan-akan berhenti saja, padahal itu semua hanya perasaan kita saja. Kali ini akan saya bagikan berbagai macam kegiatan yang bila di lakukan dapat membuat kita beranggapan waktu puasa itu sangat singkat, apa saja kegiatan yang dapat mempersingkat waktu puasa.

1. Beribadah.

Bulan suci ramadhan dikenal sebagai bulan penuh berkah, saat seperti ini adalah saat yang tepat bagi kita untuk lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta, bukan hanya dengan berpuasa tapi juga dengan beribadah lainnya. Kegiatan beribadah saat berpuasa akan dapat membuat diri kita merasa waktu itu berjalan sangat cepat, tidak terasa sore hari menjelang waktu berbuka sudah tiba, tak banyak yang bisa saya jabarkan disini, coba saja lakukan kegiatan membaca kitab suci Al-qur’an, sholat, berdzikir, dan lainnya pasti akan menemukan kebenarannya.

2. Bekerja.

Dengan datangnya bulan penuh berkah bukan berarti kita malasa-malasan, justru inilah saatnya untuk bekerja dengan giat. Tahukah dengan bekerja akan membuat waktu terasa sangat cepat berlalu, melaksanakan tugas pekerjaan dengan sepenuh hati akan membuat lapar dan haus tidak terasa, bekerja ini juga termasuk ibadah, tapi jangan lupakan beribadah selama bekerja.

3. Bermain game.

Siapa yang tak suka bermain? setiap orang pasti menyukainya terlebih bagi anak-anak, kegiatan ini juga dapat membunuh waktu saat puasa, saking asyiknya bermain game tak terasa sudah waktunya berbuka puasa, tidak percaya lakukanlah.
Kegiatan ini baik dilakukan jika libur sekolah atau libur kerja, tapi jangan lupakan ibadah juga ya. Baca game android paling seru.

4. Travelling.

Tak perlu jauh, tapi manfaatkan tempat yang sekiranya dapat membuat nyaman dan bagus untuk dikunjungi yang tak jauh dari rumah. Taman adalah salah satunya, setiap kota pasti mempunyai ruang terbuka hijau entah itu dinamankan taman atau alun-alun. Tempat seperti ini akan sangat ramaidikunjungi orang tapi janga terlalu siang jika taman atau alun-alun tersebut minim pohon sebab yang ada kepanasan dan membuat haus. Kegiatan ini juga bisa disebut ngabuburit. Baca candi trowulan.

5. Membaca.

Kegiatan yang satu ini juga dapat membunuh waktu, terlalu asyik membaca hingga tak terasa sudah sore. Mungkin tidak semua suka membaca tapi percayalah kegiatan ini sangat asyik dikerjakan, bukankah Al-qur’an juga dibaca? lakukan kegiatan ini dan temukan manfaat besarnya.

Itulah beberapa kegiatan yang dapat mempersingkat waktu puasa, selain itu ada juga yang mendatangkan manfaat cukup besar. Lakukan kegiatan diatas maka puasa yang tersa berat bagi anda akan terasa singkat dan menyenangkan. Selain kegiatan diatas masih ada kegiatan lainnya yang dapat membunuh waktu saat bulan ramadhan, seperti tidur siang dan masih banyak lagi temukan kegiatan lainnya. Baca juga kegiatan bersama yang tersayang selain jalan.

Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *