Insurance apa itu Asuransi

Insurance atau asuransi dalam bahasa indonesia adalah suatu perlindungan untuk jiwa, properti, kesehatan, dan lain-lain dalam bentuk ganti rugi finansial (uang) terhadap kejadian tidak terduga dan tidak di sengaja, misal kecelakaan, kematian, kehilangan, pencurian, sakit, kerusakan, dan sebagainya.

Apa itu asuransi

Dalam pemahaman yang lebih gampang, ada pihak yang menjamin kepada kita untuk kejadian-kejadian tertentu. Sebagai ganti jaminan tersebut tentu kita sebagai pemegang perlindungan tersebut harus membayar premi secara teratur dan dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut.
Apa itu premi? Yaitu sejuasuransi (insurance company) dalam setiap bulannya sebgai kewajiban seseorang atau kelompok atas keikutsertaannya dalam program jaminan tersebut. Besarnya premi sendiri ditentukan oleh perusahaan dengan melihat pemilihan paket yang dilakukan oleh calon pemegang jaminan itu serta keadaan dari sang calon tertangung.
mlah uang yang dibayarkan kepada pihak penjamin atau perusahaan
Manfaat asuransi sendiri secara umum tidak hanya berupa materi atau finasial tapi juga secara psikis, apa saja keuntungan tersebut? Berikut ulasanya :

  1. Memperoleh rasa aman.
  2. Merasa terlindungi.
  3. Mencegah kerugian dalam nominal yang besar dengan dana yang rendah.
  4. Sebagai alat pemecah (jalan keluar) masalah.
Itulah sedikit keuntungan dari asuransi, sekarang apakah anda tertarik untuk ikut dalam program tersebut, sebelum memutuskan suatu perkara sebaiknya anda memikirnya dengan baik terlebih dahulu, asuransi memang menguntungkan tapi ada juga kasus dimana perusahaan insurance menolak klaim dari pemegang polis mereka, tentu penolakaan ini tidak sembarangan dan juga tidak tanpa sebab, berikut ini beberapa sebab kenapa sampai ada kasus penolakan program tersebut.

  1. Kesengajaan dari pemegang polis, ada beberapa kasus penolakan tersebut sebab pemegang polis dengan sengaja membuat keadaan tertentu agar pihak penjamin mengeluarkan uang guna ganti rugi kepadanya, dengan tujuan pemegang mendapatkan keuntungan mendadak.
  2. Kebohongan pemegang polis dalam membuat pernyataan untuk mengajukan polis asuransi, bisa berupa riwayat penyakit yang pernah diderita, hobi, tanggal lahir, umur, dan sebagaianya.
  3. Dan tentunya masih banyak lagi, jika anda berniat untuk mengikuti program tersebut coba perhatikan bagian larangan dan pembatalan polis, terlihat jelas apa saja yang dilarang dan bisa membatalkan polis.
Itulah penjelasan singkat yang saya ketahui dari berbagai sumber tentang asuransi atau insurance.
Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *