Google Doodles Nelson Mandela di hari lahirnya

Hari ini di halaman pencarian google terpasang foto dari Nelson Mandela, rupanya google doodles tengah merayakan hari lahir dirinya. Dalam foto tersebut terdapat 12 kuntum bunga yang tengah mekar dan di apit oleh sebuah pita berwarna putih tak lupa tertulis nama Nelson Mandela sebagai tanda bahwa ini fotonya.
google doodles nelson mandela
Di samping foto tersebut juga ada sebuah tombolĀ  ‘play’ yang terletak di sebelah kanan Google Doodles jika di klik, maka akan muncul ilustrasi perjalanan hidup Mandela beserta kutipan kata-kata bijak yang pernah beliau ucapkan semasa hidupnya..

Apakah anda tahu siapa itu Nelson Mandela? Bernama lengkap Nelson Rolihlahla Mandela, lahir di Mvezo, Afrika Selatan, pada 18 Juli 1918.

Beliau adalah seorang revolusioner anti-Apartheid dalam perjuangannya, ia pernah dipenjara selama 27 tahun oleh pemerintah Apartheid yang berkuasa, selain itu beliau juga merupakan politisi Afrika Selatan yang pernah menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan pada tahun 1994 sampai 1999.

Beliau merupakan orang Afrika Selatan asli dan berkulit hitam pertama yang memegang jabatan tersebut dan jabatan tersebut merupakan jabatan presiden pertama yang terpilih melalui keterwakilan penuh, dalam sebuah pemilu multiras.

Dalam pemerintahannya beliau berfokus untuk menghapus pengaruh apartheid dengan memberantas rasisme, kemiskinan dan kesenjangan, dan mendorong rekonsiliasi rasial.
Selain jabatan di atas beliau juga menjabat sebagai Presiden Kongres Nasional Afrika (ANC) pada 1991 sampai 1997. Serta Mandela pernah menjadi Sekretaris Jenderal Gerakan Non-Blok pada 1998 sampai 1999.

Namun pada 5 Desember 2013 di Johannesburg, Afrika Selatan, beliau pulang ke ilahi dalam usia 95 tahun. Kemudian jenazahnya dikebumikan di Desa Qunu, tempat dimana ia menghabiskan masa kecilnya dulu. Baca juga ungkapan dan ucapan ulang tahun yang paling berkesan.

Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *