Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mata

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mata

Hai sobat, akhirnya bisa terhubung juga. Kali ini kita akan membahas tentang mata. Mata adalah organ utama tubuh kita yang bisa memberikan gambaran seperti apa dunia ini, dan dari mata juga kita bisa melihat seberapa tingkat kesehatan seseorang.
Langsung saja ke topik, mata adalah ogan paling rawan yang kita miliki, mata mudah sekali mengalami gangguan, dan jika di biarkan bisa bisa menimbulkan masalah permanen pada mata, seperti katarak, rabun, dan sebagainya, tentu sobat tak menginginkannya bukan?.

cara sederhana menjaga kesehatan mata

Ilustrasi mata sakit

Untuk menjaga kesehatan mata kita, berikut ada beberapa tips sederhana tips menjaga kesehatan mata, sebagai berikut :

1. Periksa kesehatan mata secara rutin

Ini bagus untuk mencegah masalah yang akan terjadi, bukankah mencegah itu lebih baik dari mengobati?, dan jika di ketemukan gejala gejala masalah pada mata, maka cara ini juga bisa untuk mengobati gejala tersebut sebelum menjadi masalah yang serius pada mata anda.

2. Makan makanan yang kaya nutrisi baik bagi mata

Makanlah makanan yang kaya nutrisi vitamin A, seperti wortel yang kaya beta karoten dan termasuk ikan yang tinggi omega 3, coba juga brokoli karena ini juga baik untuk mata.

3.Terapkan pola hidup sehat

Hindari terlalu banyak merokok dan minum alkohol yang berlebihan karena hal ini dapat membuat mata anda terlihat lelah, dan merokok mempunyai efek buruk pada peredaran darah di sekitar daerah mata, jika anda mengalami kesulitan untuk berhenti merokok, sebaiknya baca cara ampuh berhenti merokok dari saya.

4. Gunakan pelindung mata ketika berada di luar ruangan dengan terik matahari ekstrim

Memilih perlengkapan pelindung mata yang baik, bisa membuat usaha dalam merawat dan menjaga kesehatan mata menjadi maksimal, pakailah kacamata hitam atau topi ketika anda keluar rumah.

5. Pastikan tangan anda bersih sebelum menyentuh daerah sekitar mata

Infeksi pada mata dapat dimulai dengan tangan yang tidak bersih, cobalah menghindari terlalu banyak mengucek mata secara langsung dengan tangan anda, gunakan saputangan yang bersih dan katun untuk membersihkan mata.

6. Biasakan membaca dalam pencahayaan yang baik

Kebiasaan buruk yang sering terjadi yaitu membaca di dalam ruangan yang pencahayaannya kurang, serta membaca sambil tiduran, ini akan berpengaruh buruk pada kesehatan mata anda.

7. Melakukan senam mata sederhana seperti berkedip

Berkedip bisa membantu melumasi mata, cobalah untuk memejamkan selama beberapa menit untuk menjadikan mata rileks dan mengurangi ketegangan mata, dan ketika anda merasa mata anda sangat lelah melihat sesuatu yang hijau sangat baik untuk mata.

8.Pakailah cairan pendingin mata dengan bijak

Gunakan tetes mata jika di perlukan tetapi harus sesuai dengan petunjuk dokter, yang paling penting untuk di ingat yaitu mata anda pantas mendapat perhatian khusus, karena dari mata anda bisa melihat betapa indahnya dunia ini, maka jagalah kesehatan mata anda.

Sekian sobat sesejukpagi yang bisa saya bagikan, jangan lewatkan untuk membaca cara menggosok gigi yang baik. Semoga cara sederhana menjaga kesehatan mata ini bermanfaat.

Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

30 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *