Cara Mengatasi Rasa Malu

Cara mengatasi rasa malu. Malu adalah satu perasaan negatif yang timbul dalam diri seseorang akibat dari kesadaran diri mengenai perlakuan tidak baik yang di lakukan oleh dirinya sendiri, namun bila perasaan malu muncul tersebut tanpa sebab yang jelas, dan tidak melakukan tindakan yang tak seharusnya, tentu hal ini akan sangat mengganggu anda untuk berinteraksi dengan orang orang ada di sekitar anda.

Cara Mengatasi Rasa Malu

Ilustrasi malu

Perasaan malu yang datang tiba tiba tersebut lebih sering kita sebut dengan rasa tidak percaya diri, entah itu untuk bertemu kenalan baru, atau ketika berada di tengah tengah keramaian dan sebagainya. Bagaimana cara untuk mengatasi perasaan tersebut?, sebelumnya saya sudah membahas tentang bisnis sampingan modal kecil, yang sangat cocok di terapkan bagi anda yang ingin memulai bisnis tapi terkendala modal. Oh ini dia cara mengatatasi rasa malu :

1. Berhentilah terobsesi tentang kesempurnaan.

Berangan angan tentang diri sendiri harus begini, atau andai saya begitu. Itu justru akan semakin membuat anda tenggelam di dalamnya, anda akan merasa sangat tersiksa ketika tersadar anda tak sesempurna seperti yang anda angankan.

2. Pikirkan tentang cara anda bertindak di sekitar orang orang yang telah anda kenal.

Jika anda salah dalam bertindak tentu anda akan merasa malu bukan, jadi sebelum anda bertindak sebaiknya anda pikirkan dahulu, apa tindakan itu salah atau benar dan tidak membuat anda malu nantinya, seperti gaya berbicara atau sebagainya, apalagi tindakan ini untuk orang orang di sekitar anda yang setiap hari anda temui.

3. Hindari terlalu sibuk diri anda sendiri.

Seperti halnya poin pertama, jika anda terlalu sibuk dengan diri anda sendiri, anda akan di bawa kedalam suasana dimana anda tak bisa bersosialisai dengan baik, sebagai akibatnya ketika anda memutuskan untuk bersosialisasi atau bergaul dengan orang orang yang ada di sekitar anda, anda akan merasa minder apakah mereka semua akan menerima anda.

4. Belajar bergaul dengan teman teman sebaya anda.

Kenapa bergaul dengan teman sebaya anda, jika anda terlalu bergaul dengan teman teman yang tak sebaya dari anda, mulai dari cara pemikiran hingga tingkah laku akan mengikuti pergaulan anda, bergaulah secara bijak dengan teman teman sebaya anda.

5. Berpikir positif.

Rasa percaya diri di bangun dari pikiran yang positif, jika yang ada dalam pemikiran anda hal hal yang jelek jelek tentu hal ini akan mempengaruhi perasaan anda, seperti apakah saya di terima kalau bergabung? saya orangnya jelek gak pantas bergaul dengan mereka. Buang jauh jauh pemikiran seperti itu, tentu semua manusia di ciptakan di bumi ini sebagai mahluk pilihan yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing, sudah sepantasnya anda sebagai mahluk pilihan tidak merasa minder seperti itu, mungkin mereka di beri kelebihan cantik atau ganteng tapi anda pasti memiliki kelebihan yang tak mereka punya.

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan rasa malu atau minder saat bertemu dengan kenalan baru, dapat anda mencoba tips yang saya sampaikan di atas. Dan semoga setelah itu anda akan lebih percaya diri saat bertemu orang-orang baru dalam pergaulan sosial.

Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

15 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *