Cara mendapatkan uang dari blog

Uang siapa yang tak menginginkannya, semua pasti ingin dan butuh untuk keperluan sehari-hari, dengan bekerja orang akan mendapatkan gaji dan upah berupa uang. Tahukah kalau ada hobi yang bisa mendatangkan uang? Pasti enak melakukan hal yang disukai sekaligus mendapatkan bayaran atas itu, bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan sehingga dapat menjadi sumber dana tambahan untuk kebutuhan sehari-hari, bahkan ini bisa dibilang investasi, keren bukan?.

Penasaran hobi apakah itu? Tidak lain dan bukan yaitu ngeblog atau blogging dalam bahasa inggrisnya. Saat ini banyak blogger sebutan orang menjalani aktivitas blogging yang mendapatkan penghasilan dari hasil usaha ngeblognya. Dan jangan salah penghasilan dari hobi ini juga bisa sangat besar bahkan akan melebihi pendapatan dari bekerja didunia nyata, karena kebanyakan akan membayar dengan mata uang dollar yang memiliki nilai kurs lebih tinggi dari mata uang Rupiah untuk saat ini, itupun kalau bisa mengoptimalkan dengan baik.
Meski kebanyakan membayarnya dengan mata uang dollar tetap bisa dicairkan dalam bentuk Rupiah, yaitu melalui bantuan western union dan bank.

Berbicara soal blogger orang yang menjalankan aktivitas blogging, seorang blogger profesional pasti berfikir mendapatkan uang dari blog mereka itu sudah biasa dan sangat mudah, namun beda halnya dengan sorang blogger baru itu sungguh hebat, keren, dan (terkadang) sangat susah saat mencobauntuk mengikutinya. Sekalipun sudah profesional terkadang pendapatan dari blog juga menurun, bisa dikatakan tak menentu. Kebanyakan disebabkan oleh menurunnya jumlah pengunjung blog, untuk penyebab munurunya kunjungan yang menuju blog bisa jadi disebutkan oleh beberapa penyebab website lesu dan sepi pengunjung.

Kembali bagaimana cara mendapatkan uang dari blog, bagi para blogger baru ini adalah informasi yang berharga agar aktivitas blogging tak hanya menulis dan mempublikasinya di blog, tapi sekaligus memperoleh penghasilan. Bagaimana caranya? Dan inilah caranya.

Cara Mendapatkan Uang melalui Blog

Cara mendapatkan uang dari blog

Belajar cara mendapatkan uang dari blog

1. Menawarkan jasa atau produk.

Blog yang telah dibuat terlebih yang dirawat dan di optimasi pasti memiliki pengunjung (visitor) yang cukup banyak, dengan adanya visitor ada hal yang bisa dimanfaatkan selain sebagai tempat tulisan, yaitu media menawarkan dan menjual barang atau jasa, caranya bagaimana? Buatlah postingan informatif tentang produk atau jasa yang hendak dijual, tak hanya informatif saja tapi juga persuasif, gunakan kata-kata dan kalimat yang mengajak orang untuk membelinya. Dengan memasangnya di blog manfaat yang bisa diambil masyarakat umum akan tahu produk dan jasa yang ditawarkan tersebut, membuatnya terkenal, akhirnya akan ada pengunjung blog yang membelinya.

2. Menawarkan ruang iklan mandiri.

Bagi yang mempunyai blog bertrafik tinggi, bukan hanya sekedar ada pengunjungnya, tapi melimpahnya kunjungan baik itu dari sisi pengunjung atau tampilan halaman, bisa digunakan untuk mendapatkan uang yaitu dengan menyediakan ruang iklan dan menawarkannya kepada calon pengiklan biasanya mereka yang mempunyai usaha tertentu secara mandiri. Tak jarang juga dengan semakin berkembangnya blog akan ada calon pengiklan sendiri yang menawarkan diri untuk beriklan di blog. Karena ini secara mandiri pilihlah iklan dan ukuran yang sesuai blog yang di kelola, jangan sampai image blog hancur gara-gara iklan yang terlalu vulgar. Sedikit tips cara ini bisa dilakukan karena trafik blog yang tinggi terapkan apa yang telah diposting dalam halam cara membuat blog ramai pengunjung ini.

3. Mengikuti program affiliate marketing.

Affiliate atau affilasi adalah salah satu gaya periklanan dimana blog yang dikelola menyediakan ruang iklan dan mempromosikan produk dari pihak lain ketika ada yang melakukan klik pada iklan affiliasi tersebut pengunjung akan dibawa ke halaman atau website pemilik produk dan terjadilah pembelian atas referensi dari blog kita, dan pemilik blog akan mendapatkan manfaat berupa komisi, untuk besarnya bisa sampai 30% bahkan dari harga produk yang terjual.

4. Menjadi publisher Google Adsense.

Untuk yang satu ini siapa yang tak mengenal Google Adsense? Seluruh blogger didunia ini pasti tahu tak ketinggalan blogger dari Indonesia juga, google adsense atau yang sering disingkat “GA” ini. Bekerja seperti iklan mandiri yaitu blogger menyedia space iklan namun pihak GA yang akan mengisinya, pengelola blog hanya perlu memasang kode iklan yang diberikan, GA ini merupakan program PPC (Pay per click) dimana kita akan mendapatkan uang setelah ada yang melakukan klik pada iklanya. Adsense ini juga terbilang sangat cocok dan banyak website besar yang bergabung, selain membayar mahal juga dikarenakan iklan yang tampil nantinya sesuai dengan topik bahasan blog. Namun untuk bisa bergabung menjadi publisher adsense tidaklah gampang, mereka cenderung selektif dalam memilih calon blog yang mereka terima dan pasangin iklannya, mereka sering sekali menolak blog yang kurang bagus, biasanya disebabkan isinya yang kurang bermanfaat dan blog yang tidak punya trafik yang bagus. Untuk dapat bergabung jadi anggota publisher adsense saya sudah memberikan tips pada posting tips sebelum daftar google adsense agar full approve yang telah di publikasikan sebelumnya.

Itulah yang bisa disampaikan, semoga postingan dengan judul cara mendapatkan uang dari blog bisa memberikan manfaat yang besar bagi pembaca.

Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

6 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *