Cara Mempercepat Loading Blog

Bagaimana cara mempercepat loading blog? Sebuah blog yang baik itu memiliki waktu load yang sedikit atau cepat, namun dengan catatan tak mengabaikan nilai estetika atau keindahan tampilan blog.

Tampilan bagus dari suatu web blog tergantung pada pengelola yang pandai menyusun dan mempercantik tampilan web blognya, mulai dari memilih widget yang tepat hingga menambahkan efek-efek khusus bagi blog tersebut.

Namun dengan banyaknya pilihan widget saat ini, cenderung para pengelola blog lupa batasnya sehingga menambahkan apa saja widget yang bisa mempermanis tampilan tapi melupakan kecepatan loading blog.

Jika blog lambat cenderungnya orang yang hendak membaca tulisan blog anda jadi kabur, untuk itu demi menghindari semakin berkurangnya pengunjung blog karena permasalahan ringan tersebut, simak beberapa tips dan trik untuk mengoptimalkan loading blog anda.

Cara mempercepat loading blog

Cara Mempercepat Loading Blog berat lama

Efek blog lemot pada pengunjung

1. Kurangi dan hapus efek-efek yang kurang bermanfaat.

Kebetulan ada beberapa blog yang pernah saya kunjungi yang kebetulan juga tulisannya menurut saya cukup bahkan sangat menarik, tapi begitu membuka halaman blog tersebut saya harus menunggu lama bahkan sampai ketiduran, akhirnya saya tutup dan membuka yang lain.

Dan karena penasaran apa yang membuat loading blog tersebut sangat berat, saya memutuskan kembali kesana dan menemukan efek-efek yang saya curigai sebagai penyebab blog tersebut memiliki loading yang berat, yaitu efek bintang jatuh.

Efek tersebut tentu apa gunanya selain membuat blog cantik kalau loadingnya lama sekali, hal sejenis dengan ini adalah kupu-kupu terbang, kembang api, hujan, salju, merubah bentuk kursor dan sejenisnya.

Efek tersebut sebaiknya anda kurangi atau bahkan hapus bersih agar blog anda menjadi secepat kilat.

2. Batasi jumlah banner iklan blog.

Setiap pengelola blog pasti senang jika blognya bisa di monitize atau bisa menjadi sumber pendapatan mereka selain bekerja didunia nyata. Bukan rahasia lagi saat ini kebanyakan orang ngeblog hanya untuk mengejar pendapatan saja bukan menyajikan konten yang berkulitas lagi, jadi konten asal jadi lalu ditumpangi banner iklan yang banyak. Semakin banyak banner iklan maka blog anda juga membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk memunculkan iklannya, untuk itu jika mau loadingnya cepat hapus beberapa banner dan sisakan beberapa maksimal 5 saja, lebih baik 3 banner cukup.

3. Hapus widget yang kurang penting.

Saat ini banyak widget yang tersedia untuk dipasang di blog, dari a sampai z ada, mau untuk keperluan apa saja ada, dan ini banyak membuat para blogger pemula memasang begitu banyak widget agar blog mereka terlihat elegan, namun banyak widget belum tentu blog anda cantik tapi justru lemot, jadi widget yang sekiranya kurang bermanfaat hilangkan saja dari blog anda. Atau anda bisa mencoba memunculkan widget tersebut pada bagian tertentu di blog anda, seperti hanya pada tampilan homepage atau post dan lainnya.

4. Kompres CSS dari blog anda.

Beberapa percobaan nyata membuktikan dengan mengkompres css blog dapat membuat waktu load blog semakin cepat untuk setiap halamannya. Kompres css sendiri mempunyai arti yaitu menggabungkan dan memperpendek css tanpa menghilangkan kode-kode penting dari css tersebut, jadi yang dihilangkan hanya baris-baris tidak penting dari css.

Sekian jawaban dari bagaimana cara mempercepat loading blog. Semoga dengan ini blog anda bisa mempunyai waktu load yang cepat, dan semakin membuat pengnjung blog anda semakin banyak, simak tips lainnya cara membuat blog ramai pengunjung.

Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *