Cara Makan yang Baik dan Benar

Cara Makan yang Baik dan Benar Kebanyakan orang makan asal makan tanpa memperdulikan efeknya,seperti Diabetes, bagaimana dan kapan anda makan, dapat mempengaruhi kesehatan anda. Memperbaiki kebiasaan makan anda dapat memaksimalkan pembakaran lemak dan memperbaiki hari anda

Tentu saja, apa yang kita makan dan bagaimana kita memakannya akan berdampak bagi kesehatan kita. Di MiBah.com, akan membahas tentang cara-cara makan yang baik..

makan yang baik dan benar

Apa sajakah cara-cara makan yang baik bagi kita?

  1. Mencuci tangan terlebih dahulu.
  2. Jangan makan sambil bersandar, berjalan, dan tidur-tiduran.
  3. Makan apa adanya. Jangan mencela makanan. Walaupun makanan kurang enak, sebaiknya tidak diucapkan langsung untuk menjaga hati pemasaknya.
    Makanlah bersama dengan orang lain, dengan tamu, dengan anak, atau dengan pembantu.
  4. Hendaknya memulai dengan membaca doa.
  5. Hendaknya makan dengan tiga jari tangan kanan.
  6. Dilarang meniup makanan yang masih panas, dilarang memakannya sebelum makanan itu dingin.
  7. Memulai makan dari pinggir piring menuju ke tengah, karena berkah makanan terletak di tengah.
  8. Dilarang melirik kepada orang yang sedang makan.
  9. Berhenti makan sebelum kenyang sehingga tidak kekenyangan.
  10. Jangan makan berlebihan guna menjaga kesehatan tubuh.
  11. Hendaknya membersihkan gigi dan berkumur kumur untuk membersihkan mulut.

Sebagi catatan:

1. Makan dalam jangka waktu 3-4 jam sekali.
Kebanyakan orang makan 2 jam setelah mereka makan. Hal ini cukup berbahaya sebenarnya. Hal ini dapat menyebabkan kelebihan kandungan lemak dan insulin berlebih. Selain itu, tahukah anda, kalau makan dalam jangka waktu kurang dari 3 jam, dapat menyebabkan kemungkinan stress yang besar, obesitas dan kelainan makan.

Mengatur waktu makan anda dengan cara ini akan mengurangi kangungan lemak anda dengan mencegah insulin berlebih, memungkinkan leptin untuk mengatur pengendalian nafsu makan dan metabolisme, dan juga menyeimbangkan hormon stress kortisol. Anda juga direkomendasikan untuk menikmati makanan anda pada waktu yang sama setiap hari.

2. Sarapan dalam waktu 1 jam setelah anda bangun.
Ibumu benar ketika dia mengatakan kepada anda sarapan adalah makan yang paling penting. Bila Anda melewatkan sarapan, anda kehilangan manfaat merangsang terhadap laju metabolisme tubuh anda. Anda juga lebih cenderung makan makanan yang tidak seimbang, lebih banyak kalori, dan jumlah yang lebih besar dari lemak jenuh sepanjang hari. Banyak penelitian menunjukkan bahwa mereka yang melewatkan sarapan sebenarnya memiliki berat badan berlebih. Kehilangan sarapan yang sehat juga meningkatkan hormon stres.

3. Jangan makan dalam waktu 3 jam sebelum tidur.
Makan terlalu dekat dengan waktu tidur, dapat meningkatkan suhu tubuh anda, meningkatkan gula darah dan insulin, mencegah pelepasan melatonin, dan menyebabkan luka bawah pada rilis hormon pertumbuhan yang mana sangat buruk bagi kesehatan anda. Semua faktor ini mengganggu kualitas tidur Anda dan membakar lemak alami manfaat dari istirahat malam yang baik. Selain itu, kurang tidur menyebabkan ngidam lebih banyak dan kemungkinan lebih besar overeating hari berikutnya.
Jika Anda harus makan sebelum tidur, pilihlah makanan ringan atau camilan yang tinggi protein dan rendah karbohidrat dan lemak, seperti protein yang dibuat dengan buah dan air, salad dengan ayam panggang, atau udang dan sayuran tumis.

4. Mulailah hari dengan protein.
Untuk mengendalikan nafsu makan yang lebih baik sepanjang hari, cobalah menggabungkan karbohidrat saat makan siang, makan malam, atau setelah latihan daripada saat sarapan. Menambahkan telur dapat memberikan protein untuk sarapan dan membuat anda akan makan lebih sedikit sepanjang hari.

5. Makan dalam waktu 45 menit setelah olahraga.
Makan setelah olahra tidak boleh mengandung banyak lemak dan harus memiliki karbohidrat yang tinggi. Misalnya, membuat jus, buah, dan bubuk protein, dan hal-hal yang tidak berminyak.

6. Fokus pada makanan anda.
Jangan makan sambil melakukan hal lain, seperti menonton TV, bermain komputer, bermain HandPhone dan sebagainya.

7. Makan makanan yang mengandung protein terlebih dahulu.    Jika di piring makan anda daging, nasi dan bayam, makan daging terlebih dahulu. Memakan makanan protein dapat mempercepat sinyal rasa kenyang ke otak sehingga anda tidak makan berlebihan.

Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *