Candi Candi di Trowulan Mojokerto Jawa Timur

Candi candi di Trowulan Mojokerto Jawa timur  Candi yaitu sebuah bangunan suci yang di gunakan untuk prosesi keagamanan umat tertentu dahulu, berbicara tentang Trowulan, pasti tak pernah lepas dari kata Mojopahit, yah sebuah kerajaan besar yang berhasil menyatukan nusantara melebihi kerajaan sebelumnya yaitu Sriwijaya, tapi bukan Sriwijaya F.C ya!, itu nama klub sepak bola.

Sebagai lokasi yang di yakini hampir semua orang sebagai pusatnya kerajaan Mojopahit, sudah pasti di Trowulan ini terdapat banyak bangunan yang di sebut dengan candi, apa saja candi yang ada di Trowulan Mojokerto, berikut akan saya sebutkan satu persatu yang saya ketahui :

1. Candi Brahu.

Candi Brahu

Candi Brahu

Terletak di desa Bejijong, kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Candi ini merupakan candi yang paling utuh di Trowulan sampai saat ini, candi brahu ini di bangun dengan menumpuk batu bata sehingga membentuk sebuah bangunan, dengan lebar ± 18 meter dan panjang ± 22.5 meter menghadap ke arah barat.Untuk akses ke candi ini cukup mudah, karena terletak tak jauh dari jalan raya utama Surabaya Ponorogo, dari arah surabaya ketika anda sudah sampai di perempatan lampu merah Trowulan, belok kanan lurus ± 1 km ada pertigaan di sisi kiri jalan, lalu belok kiri lurus, sudah ketemu candi Brahu.

2. Candi Bajang ratu

candi bajang ratuCandi Bajang Ratu

Berlokasi di desa Temon Kecamatan Trowulan, candi ini lebih mirip gapura namun masyarakat sekitar lebih sering menyebutnya candi, berdiri setinggi ± 16.5 meter, lebar lorong pintu ± 1.5 meter.

Untuk menuju candi ini, jika arah surabaya ketika sudah berada di perempatan lampu merah Trowulan, belok kiri, lalu lurus sampai menemukan perempatan pertama belok kiri, lalu lurus. Candi ini berada di sisi kiri jalan, dalam perjalanan sebelum sampai ke candi Bajang ratu ini anda akan menjumpai kolam besar di sisi kiri jalan, namanya kolam segaran, serta musium Trowulan di sisi kanan jalan.

3. Candi Gentong.

Candi Gentong

Candi gentong
Candi ini berlokasi di dekat candi Brahu, di desa bejijong, namun untuk saat ini anda hanya akan menemukan bekas tumpukkan candi, karena sekarang candi ini hampir rata dengan tanah. Untuk mengakses ke candi ini rutenya sama dengan rute ke arah ke candi Brahu yaitu dari arah surabaya perempatan lampu merah belok kanan lalu di pertigaan belok kiri, letaknya disisi kanan jalan, sebelum candi Brahu.

4. Candi Tikus.

Candi Tikus

Candi tikus
Bangunannya menyerupai kolam air dengan miniatur candi di tengahnya, berlokasi di desa Temon kecamatan Trowulan, candi ini letaknya tak jauh dari candi Bajang ratu, jika anda ingin berkunjung ke candi ini, anda hanya perlu lurus terus mengikuti jalan dari candi Bajang ratu, dan berada di sisi kiri jalan.
Jangan lupa untuk melihat foto gunung kelud dan sekitarnya, nah itulah Candi Candi di Trowulan Mojokerto Jawa Timur yang saya ketahui dan bisa bagikan kepada anda semua, tertarik untuk berkunjung, tarif masuknya murah kok cuma seharga parkir sepeda motor saja.
Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

19 comments

  • sarofudin uzumaki

    banyak juga candinya ya bang dan namanya juga unik unik tuh

  • Muya Devoteeshonesty

    Kok du trowulon saja banyak jenis" candi ya bagu" lagi..
    Bajang ratu itu kelihatan bagus banget.
    Candi tikusnya kok terlihat kecil banget.. Tapi seger pemandangan sekitarnya
    Terima kasih telah berbagi

  • bentuk candi di jawa timur umumya langsing ya dibandingkan dengan yang di jawa tengah

  • Wahyu Eka Prasetiyarini

    wah menarik sekali ya mas candi nya. Harus dirawat tuh agar tidak rusak ya sehingga bisa dijadikan obyek wisata di daerah setempat 🙂

  • saya alhamdulillah sudah mengunjungi candi brahu dan candi tikus mas
    😀

  • Mohammad Isnaeni

    Saya belum pernah ke Trowulan .., banyak juga sisa-sisa peninggalan majapahit ya mas ..

  • Saya belum pernah kesana…

  • Ternyata di Jawa Timur juga banyak candi peninggalan sejarah ya, mas. Informasi penting untuk nambah wawasan pengetahuan, mas. Terima kasih sharenya.

  • Haris Luqman Hakim

    semoga kita gak melupakan sejarah. sekarang tugas kita semua untuk menjaga dan melestarikan peninggalan sejarah.

  • lumayan jadi kenal nama candi-candi baru…
    hehehe..
    kalo ditempat saya adanya candi borobudur…

  • belum pernah kesana .. 🙂 .
    indahnya . ada banyak candi.

  • candi bangunan dibuat tempo dulu, jaman modern ini sepertinya tdk ada yg membuat candi yg mas, tahunya candi itu borobudur, prambanan yg pernah ke sana

  • ternyata di mojokerto banyak candi juga ya…??? saya dulu sering kesana tapi belum pernah tau kalau banyak candi di sana 😀

  • Hemm keberadaan candi memang perlu mendapatkan perhatian serius dari semua kalangan. sayang kalau candi tidak terusus dengan baik itu kan peninggalan nenek moyyang kita

  • Kalau sudah sampai di trowulan harus mencakup semuanya kalau bisa ya mas sayang banget kalau dilewatkan

  • Nama nama candinya
    Unik ya,mas 🙂

  • aprie the harmonic school

    serasa pulang kampung, suasana pagi dan senja di trowulan yang sunyi.. penuh kedamaian..

  • aprie the harmonic school

    iya mbak, trowulan masih banyak situs situs yang belum tergali..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *