Blogspot atau WordPress yang Lebih Baik

Kegiatan blogging menulis online baik itu tulisan bermutu, jelas, dan bermanfaat sampai yang hanya iseng saja serta tidak bermanfaat akhir-akhir ini berkembang pesat sekali, tak hanya orang dewasa saja yang ngeblog tapi juga anak muda. Karena banyak orang yang menjalankan kegiatan ini, muncul berbagai platform yang bisa dijadikan alat untuk menuangkan pikiran dan tulisan anda secara online, kali ini kita akan membahas platform blogspot dan wordpress, manakah yang lebih baik.Blogger sendiri merupakan produk dari google yang saat ini jadi mesin pencarian nomor satu yang tentu menjadikannya platform yang bisa dibilang sangat kuat dan jarang down, sedangkan wordpress merupakan produk dari wordpress sebuah platform open source dengan begitu banyak dukungan developer.Kali ini kita akan membandingkan platform mana yang tepat bagi Anda yang baru ingin membuat blog, wordpress atau blogspot?.

blogspot atau wordpress

Bingung ngeblog pilih platform apa?

Blogspot atau blogger itu merupakan platform gratis dari google dengan alamat blogger.com begitu mudah untuk digunakan bahkan oleh seorang yang baru mengenal blog, baca cara membuat blog gratis di blogspot. Selain itu juga gratis, selengkapnya inilah kelebihan dari blogger (blogspot).

  1. Gratis, tidak perlu menyediakan hosting sendiri.
  2. Sangat mudah untuk memodifikasi tampilannya.
  3. Tersedia banyak template gratis, dan mudah di modifikasi juga.
  4. Hanya mengeluarkan uang kalau ingin memakai domain sendiri.
  5. Keamanan terjamin soalnya google sendiri yang jaga.
  6. Jarang sekali error sekalipun lama bertahun-tahun tidak dibuka, asal tidak terhapus sistem, baca blogger seru dihabisi.
  7. Meskipun gratis bisa di monetize dengan google adsense.

Itulah kelebihan yang dimiliki oleh blogger, lalu bagaimana dengan wordpress? wordpress atau yang umum disingkat wp ada dua macam yang pertama adalah wordpress.com dan wordpress.org, dimana yang .com itu sama gratisnya dengan blogger dan untuk yang .org itu adalah platform open source yang mana dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan namun perlu menyediakan hosting sendiri untuk menggunakannya, simak artikel memilih hosting yang baik. Lantas apa saja kelebihan yang dimiliki oleh keduanya? Berikut inilah untuk wordpress.com

  1. Gratis.
  2. Komunitas yang luas dan jelas.
  3. Memiliki template bawaan yang cukup banyak.
  4. Terdapat fitur untuk edit atau modifikasi komentar.

Kelebihan wordpress.org atau wordpress yang self host (hosting mandiri) yaitu.

  1. Punya semua kelebihan wordpress versi gratis.
  2. Terkesan profesional.
  3. Permalink yang ramah atau seo.
  4. Tersedianya plugin untuk memaksimalkan kinerja website.
  5. Bisa di pasang iklan google adsense.
  6. Terdapat banyak dokumentasi dan komunitas yang baik dan jelas.
  7. Tidak akan dihapus, pemilik dan pengelola 100% berwenang atas website.

Dari semua itu bisa diambil kesimpulan mengenai perbedaan dari kedua platform blogger dan wordpress.

  1. Blogger bisa di pasang adsense, sedang wordpress tidak kecuali yang self host.
  2. Blogger dapat dengan mudah memodifikasi tampilannya, sedang wordpress tidak kecuali yang self host.
  3. Punya web dengan wordpress self host itu terlihat profesonal dan meskipun blog sudah besar dan tampilan bagus tetap saja dianggap gratisan.
  4. Kalau sudah wordpress self host terkesan money oriented, sedangkan untuk versi gratisan itu akan memunculkan kesan masih belajar.

Itulah pembahasan tentang platform blogging mana yang bagus antara blogspot atau wordpress, bagi yang baru belajar blogging dan tidak mempunyai dana lebih baik memilih blogger namun bagi yang memiliki modal yang cukup dan hendak membangun web atau blog secara profesional pilihlah wordpress yang premium atau self host.

Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *