Banyu Tibo Pacitan Air Terjun dan Pantai Pasir Putih

Pasir putih pantai banyu tibo

Banyu Tibo merupakan salah satu dari sekian banyak obyek wisata alam berupa pantai dari Kabupaten Pacitan, berada di bagian selatan dari kota seribu goa, lebih tepatnya di Desa Widoro Kecamatan Donorejo. Pantai yang sangat cocok untuk dikunjungi baik sendiri maupun bersama keluarga dan teman.

Sama seperti kebanyakan pantai yang berada di Pacitan, memiliki ciri khas pasir putih dan air laut yang jernih, namun ada satu hal yang dimiliki oleh pantai lain yakni keberadaan fenomena alam yang sangat jarang ada dialah air terjun yang jatuh ke bibir pantai. Fenomena tersebut menjadi pesona dan daya tarik utama untuk menjaring wisatawan agar mengunjunginya.

Dari situlah nama banyu tibo berasal, nama tersebut merupakan kata dari bahasa jawa yang mempunyai arti air yang jatuh, dan yang dimaksud disini air yang jatuh tidak lain dan bukan yaitu air terjun yang berada di pantai tersebut.

Air terjun tersebut merupakan air tawar yang berasal dari sumber air bawah tanah di pegunungan karst.

Ketenaran pantai ini masih kalah dari pantai pacitan lainnya seperti Pantai Klayar yang terkenal dengan seruling samuderanya, hal ini dapat dimaklumi sebab jika dilihat dari ukuran luas pantai kalah jauh dari pantai lainnya.

Hal ini membuat pantai ini tak seramai, namun sangat cocok bagi yang berjiwa traveller. Selain suasana yang tidak terlalu ramai, lokasi dari pantai ini di kelilingi bukit kapur dan tebing karang yang sangat menantang.

Berikut ini dokumentasi dari indahnya Pantai banyu tibo pacitan.

Air terjunnya.

Air terjun dari pantai banyu tibo

Air terjunnya lagi.

Traveller pantai banyu tibo

Wisatawan eksis.

Untuk fasilitas yang ada tak kalah dari pantai populer lainnya, yakni dengan adanya tempat parkir dan warung untuk cemilan dan makanan. Selain itu juga tersedia fasilitas kamar mandi mandi dengan air tawar yang segar dan kamar ganti.

Bagi yang ingin mengunjungi pantai satu ini sebaiknya jangan datang saat air laut sedang pasang, sebab Anda hanya akan dapat menikmati keindahan pantai dari atas, berbeda ketika air laut sedang surut akan terlihat dengan jelas pasir dan pantai yang sangat indah dan disana Anda dapat bermain pasir dan air sembari memandang keindahan banyu tibo, untuk dapat mencapai bibir pantai Anda harus menuruni anak tangga dari batu sampai mulut air terjun dan turun lagi menggunakan tangga kayu untuk sampai di pantainya. Secara keseluruhan pantai ini sangat indah.

Untuk rute menuju pantai Banyu tibo ini sama seperti rute menuju pantai klayar, namun ketika sampai di Panung ambil arah menuju Pantai Banyu tibo, atau saat sudah berada di Kalak Anda bisa bertanya pada penduduk, dari sini jarak menuju pantai sudah sangat dekat.

Sholikudin

Sholikudin

Orang yang hobi jalan-jalan dan menulis.
Sholikudin

Latest posts by Sholikudin (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *