Apa Perbedaan Antara Blog dengan Website?

Banyak orang sering menyama artikan antara blog dengan website. Padahal keduanya benar-benar berbeda baik dari fungsionalitas website maupun dari segi teknis. Pada dasarnya, sebuah website adalah media online statis dimana semua rincian produk bisnis ditampilkan atau berisi tentang penawaran produk atau layanan bisnis. Biasanya ditampilkan juga tentang bidang bisnis, siapa, apa, di mana, kapan dan mengapa. Dengan kata lain, website adalah di mana calon klien dapat belajar tentang perusahaan, pernyataan misi, proyek masa lalu dan bagaimana menghubungi Anda untuk mempelajari lebih lanjut. Dengan kata lain, website adalah sebuah katalog statis berisi rincian dari bisnis. Berikut ulasan lengkap tentang perbedaan antara blog dengan website.Perbedaan Blog Dan Website

Perbedaan Blog dengan Website

Blog dinamis sedangkan website statis
Seperti yang telah dikatakan di atas, bahwa website adalah katalog statis. Biasanya halaman-halaman yang umum dicantumkan dalam sebuah website antara lain Home, About, Contact, FAQ, Visi, Misi, dan sebagainya. Berbeda dengan blog. Dalam pengertian ini, sebuah blog selalu dinamis, dimana setiap waktu dapat mengupdate konten seseuai dengan keinginan dengan topik yang bervariasi, tergantung niche.

Blog dapat membangun Personal Branding

Sebuah blog mirip seperti buku harian yang membangun personal branding. Contoh nyata dalam hal ini adalah blog milik John Chow (johnchow.com) yang benar-benar mengangkat namanya dalam dunia digital marketing. Ia berbagi pengalaman, trik dan teknik pemasaran dalam bisnis online dengan para pembaca. Membuatnya sangat populer dan menciptakan personal branding baginya, tentunya disamping penghasilan yang didapatnya dengan monetizing dan produk yang dijual melalui blognya.

Blog lebih SEO friendly
Sederhananya, blog sangat SEO friendly dibandingkan dengan website. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya tentang blog yang dinamis, karena blog selalu di update dengan fresh konten secara teratur. Dinamika ini membuat blog mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam SERP. Ketika Anda membandingkan blog dengan sebuah website dalam hal konten, blog memiliki konten baru setiap hari, update baru diposting secara teratur. Sedangkan website tetap tidak bergerak. Seberapa sering merek mengubah nilai-nilai atau visi? Persentase konten dinamis pada sebuah situs web sangat kurang bila dibandingkan dengan blog.


Blog Tidak Memiliki Keterbatasan
Karena blog adalah personal, maka konten yang dihasilkan dapat tak terbatas, membahas apapun sesuai dengan keinginan para pemiliknya. Sedangkan web sangat terbatas pada bisnis perusahaan, hanya membahas tentang bisnis mereka sendiri. Di sisi lain, blog sangat hidup dan nyata. Blog diciptakan untuk berbagi, menyukai atau mengomentari. Anda dapat memulai percakapan di blog dengan pembaca Anda!

Blog memiliki banyak keuntungan

Selain untuk kepentingan berbagi secara personal, blog juga dapat digunakan untuk berbisnis online. Misalnya saja untuk berjualan produk afiliasi, monetizing dengan Google Adsense, menawarkan pelayanan jasa, dan sebagainya.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa blog memiliki banyak kelebihan daripada sebuah website. Namun demikian, itu tergantung dari kepentingannya. Blog memang sangat cocok bagi Anda yang ingin membangun branding secara personal, sedangkan website sangat cocok digunakan oleh korporasi untuk memperkenalkan bisnis mereka.

 

Jonathan

Seorang yang bekerja pada salah satu kantor Hukum di Bandung. Di tengah kesibukannya, Ia terinspirasi dari seorang yang sukses, sehingga membuat terobosan lain dengan membangun sebuah web yang menjual bibit tanaman buah.

Latest posts by Jonathan (see all)

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *